Dilarang Memberi Nama Masjid dengan Ar-Rahman, Benarkah?

Apakah benar jika masjid tak boleh diberi nama Ar-Rahman?

Puri Yuanita
| 10 Februari 2018 13:15

Dream - Bagi negara dengan mayoritas penduduk muslim seperti Indonesia, keberadaan masjid sangat penting. Namun tak hanya sebagai sarana ibadah, sejumlah masjid juga tampil sebagai ikon wisata religi.

Yup, beberapa masjid megah dengan arsitektur dan sejarah menarik di sejumlah daerah jadi magnet tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Lama-kelamaan masjid-masjid tersebut pun menjadi ikon wisata populer dari daerahnya masing-masing.

Nah, bicara soal masjid, umumnya bangunan suci tersebut memiliki nama-nama indah. Tapi apakah benar jika masjid tak boleh diberi nama Ar-Rahman? Berikut ulasannya.

Kita mengimani bahwa Allah memiliki banyak nama, yang semuanya sempurna (al-Asma' al-Husna). Allah berfirman,

" Hanyalah milik Allah al-Asma' al-Husna, serulah Dia dengan nama itu." (QS. Al-A’raf: 180)

Dilihat dari kekhususannya, nama-nama Allah dibagi menjadi 2:

(1) Nama Allah yang hanya khusus untuk Allah. Nama ini tidak boleh digunakan untuk menyebut makhluk, seperti Allah, ar-Rab, al-Ahad, al-Mutakabbir, al-Jabbar, al-A'laa (Yang Maha Tinggi), Allamul Ghuyub (Yang mengetahui semua yang ghaib).

(2) Nama Allah yang tidak khusus untuk Allah. Nama ini boleh digunakan untuk menyebut makhluk, seperti Sami', Bashir, Ali, Hakim, atau Rasyid.

Allah menyebut manusia dengan sami' bashir (makhluk yang mendengar dan melihat). Allah berfirman,

" Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia makhluk mendengar dan melihat." (QS. Al-Insan: 2)

Ada sahabat yang namanya Ali bin Abi Thalib, atau Hakim bin Hizam. Nama beliau termasuk asmaul husna.

Dalam Asna al-Mathalib Syarh Raudh at-Thalib – kitab Syafiiyah – dinyatakan,

Boleh menggunakan nama Allah yang tidak khusus untuk diri-Nya. Sementara nama yang khusus untuk-Nya, hukumnya haram. Seperti ini yang ditegaskan an-Nawawi dalam Syarh Muslim. (Asna al-Mathalib, 4/244)

Termasuk diantara nama yang khusus milik Allah adalah ar-Rahman.

Ulasan selengkapnya baca di sini.  

 

 

 

Topik Terkait :

Menu Unik Saat Sahur Pandji Pragiwaksono

Jangan Lewatkan