Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Dinilai Merusak Estetika, Pembangunan Tugu Nama Bromo Diprotes

Dinilai Merusak Estetika, Pembangunan Tugu Nama Bromo Diprotes Tugu Nama Di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Foto: Facebook)

Dream - Keindahan kawasan Gunung Bromo tak perlu diragukan lagi. Bahkan karena keindahannya tersebut, Gunung Bromo terpilih menjadi satu dari 10 destinasi wisata prioritas kebanggaan masyarakat Indonesia.

Baru-baru ini kawasan Bromo yang berada di kompleks pegunungan Tengger, Malang, Jawa Timur pun mendadak jadi sorotan. Namun bukan keindahannya yang disorot, melainkan keberadaan tugu nama yang dibangun di tengah lautan pasir dan padang savana di Bromo.

Pembangunan tugu bertuliskan 'The Sea Of Sand, Bromo Tengger Semeru, National Park' itu menuai protes dari Sahabat Bromo dan Masyarakat Fotografi Indonesia. Tugu tersebut dinilai merusak estetika kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Protes disampaikan oleh Sigit Pramono, Ketua Dewan Pembina Masyarakat Fotografi Indonesia (MFI) melalui surat terbuka yang ia unggah dalam akun Facebook-nya pada Jumat 13 Oktober 2017 lalu.

Unggahan Sigit itu rupanya cukup menarik perhatian warganet hingga dibagikan berkali-kali di media sosial.

Dalam surat terbuka yang ditujukan langsung kepada Menteria Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar serta Menteri Pariwisata Arief Yahya itu, Sigit menyampaikan protes keras atas dibangunnya tugu nama di kawasan Bromo.

Mewakili Sahabat Bromo dan Masyarakat Fotografi Indonesia, Sigit mengecam tindakan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang telah membangun tugu nama tersebut di Laut Pasir Bromo dan padang Savannah Bromo.

 

 

Begini Isi Surat Terbukanya

Berikut isi surat terbuka yang diunggah Sigit Pramono:

"Kepada Yth. Bpk Hiramsyah 
Kementerian Pariwisata RI

Aww. Selamat pagi pak Hiramsyah, semoga bpk selalu sehat. 

Pak mohon bantuan bpk untuk menyampaikan protes keras kami atas nama Sahabat Bromo, dan Masyarakat Fotografi Indonesia (termasuk kalangan fotografer landscape) atas tindakan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang telah membangun tugu besar di laut pasir Bromo dan padang Savannah Bromo.

Mohon protes keras kami ini diteruskan kepada yth. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Menteri Pariwisata.

Mengingat bahwa Bromo adalah salah satu dari 10 destinasi wisata bertaraf internasional kami menyarankan agar pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mampu mengelolanya dengan standar pengelolaan taman nasional yg benar, berstandar internasional. Pembangunan tugu nama semacam ini sama sekali tidak menambah keindahan Bromo justru membuat jelek foto-foto panorama alam yang diambil di sana. Satu hal yang jelas pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru hanya menghamburkan uang saja. Padahal uang itu bisa digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat, misal menambah jumlah toilet di kawasan Bromo.

Kalau untuk tempat wisata buatan manusia (man made) seperti Ancol, Taman Safari dll, kami tidak keberatan bila pengelolanya membangun tugu nama di lokasi. Adapun Bromo adalah tempat wisata yang merupakan anugerah Tuhan yang indah sehingga sama sekali tidak perlu dibangun tugu nama di sana.

Kami memohon agar Presiden atau Pemerintah (dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Pariwisata) segera memerintahkan Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru membongkar tugu nama yang telah mereka bangun di kawasan Bromo.

Hormat kami

Sigit Pramono

Atas nama Sahabat Bromo dan
Masyarakat Fotografi Indonesia."

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Dulu Terkenal, Kini Kontrakan 1.000 Pintu Berubah Menyeramkan, Dibiarkan Kosong dan Terbengkalai Setelah Terjadi Pembunuhan

Dulu Terkenal, Kini Kontrakan 1.000 Pintu Berubah Menyeramkan, Dibiarkan Kosong dan Terbengkalai Setelah Terjadi Pembunuhan

Deretan potret kondisi kontrakan 1.000 pintu yang dulu terkenal di Bekasi, kini berubah jadi seram.

Baca Selengkapnya
Bom Meledak di Mako Brimob Surabaya, Bangunan Hancur hingga Keluarkan Api

Bom Meledak di Mako Brimob Surabaya, Bangunan Hancur hingga Keluarkan Api

Ledakan diduga berasal dari sisa-sisa temuan bahan peledak yang akan dimusnahkan atau didisposal.

Baca Selengkapnya
Potret Penampakan Semburan Lumpur di Grobogan, Muncul Usai Gempa Tuban

Potret Penampakan Semburan Lumpur di Grobogan, Muncul Usai Gempa Tuban

Detik-detik terjadi semburan lumpur di Grobogan, Jawa Tengah usai gempa Tuban.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Detik-Detik Menegangkan Warga Temukan Ular Piton dalam Rumah, Sembunyi di Balik Lemari

Detik-Detik Menegangkan Warga Temukan Ular Piton dalam Rumah, Sembunyi di Balik Lemari

Momen warga temukan ular piton di balik lemari, bikin merinding!

Baca Selengkapnya