#DreamTrip Wisata Religi di Masjid Tertua di Yogyakarta

Masjid ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram yang masih bisa dilihat sampai sekarang dan juga masih dipakai sebagaimana fungsinya.

Puri Yuanita
| 30 April 2016 12:45

Dream - Wisata religi kian menjadi tren di kalangan traveler. Pelesir ke tempat-tempat atau ikon-ikon tertentu yang menyimpan sejarah Islam semakin digemari lantaran bisa memberikan pengalaman spiritual tersendiri bagi para penikmatnya.

Dalam perjalanan #DreamTrip Yogyakarta kali ini, sepuluh peserta bersama Dream.co.id pun menyempatkan diri mengunjungi ikon-ikon wisata religi yang ada di Kota Gudeg.

Salah satunya yang dikunjungi pada trip hari pertama, 29 April 2016 adalah Masjid Agung Kotagede Mataram.

Masjid Agung Kotagede Mataram adalah salah satu masjid tertua di Yogyakarta. Masjid ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram yang masih bisa dilihat sampai sekarang dan juga masih dipakai sebagaimana fungsinya.

Masjid Agung Kotagede dibangun pada tahun 1640 oleh Sultan Agung bergotong-royong dengan masyarakat setempat yang pada umumnya waktu itu beragama Hindu dan Budha.

Melangkah memasuki halaman masjid akan didapati sebuah pohon beringin tua berumur ratusan tahun yang bernama Wringin Sepuh. Pohon tersebut oleh masyarakat sekitar dianggap keramat dan diyakini membawa berkah.

Disekitar pohon tersebut terdapat parit yang mengelilingi Masjid. Parit tersebut dahulu dipakai untuk tempat berwudhu tetapi sekarang dipergunakan sebagai tambak.

Bangunan masjid tersebut berbentuk limasan dan ruangannya terbagi menjadi dua, yaitu inti dan serambi. Di pelataran masjid terdapat sebuah bedug yang berusia cukup tua yang dahulu merupakan hadiah dari Nyai Pringgit dan sampai sekarang bedug tersebut masih dipakai sebagai penanda waktu untuk salat.

Di dalam masjid terdapat sebuah mimbar yang dipakai untuk berkhotbah yang terbuat dari kayu ukir yang merupakan hadiah dari Sultan Palembang kepada Sultan Agung. Tetapi mimbar ini sekarang sudah tidak dipergunakan lagi.

Masjid Agung Kotagede berlokasi di Jalan Watu Gilang, Kotagede, Yogyakarta. Nah, Anda yang ingin merasakan keseruan wisata religi seperti para peserta #DreamTrip, sempatkan diri untuk singgah di Masjid Agung Kotagede ya.

Topik Terkait :

Teaser - Merangkai Imaji, Hidupkan Mimpi (Reimagine Travel Through Art) - SingapoReimagine - Visit Singapore

Jangan Lewatkan