Quranic Park, Destinasi Wisata Islami Baru Andalan Dubai

Quranic Park merupakan taman yang dibuat dengan konsep mengenalkan kisah-kisah dalam Alquran.

Siwi Nur Wakhidah
| 23 September 2019 09:09

Dream- Pertengahan 2019 ini, Dubai resmi meluncurkan destinasi traveler Islami baru, Quranic Park. Berlokasi di Al Khawaneej, taman ini dibangun dengan konsep visualisasi sejumlah kisah yang tertuang dalam Alquran, Kitab Suci Umat Islam.

Taman ini dibangun di atas lahan seluas 60 hektar dengan tujuan untuk menunjukkan nilai-nilai Islam tentang perdamaian, cinta dan toleransi. Menariknya, pihak pengelola Quranic Park tidak mengenakan biaya apapun bagi pengunjung alias gratis.

Dubai Tourism juga menyebutkan Quranic Park masuk daftar World’s Greatest Places versi Majalah Time dengan tiga kategori, ‘to visit’, ‘to stay’, dan ‘to eat and drink’. Dalam kategori ‘to visit’, Quranic Park bersanding dengan beberapa destinasi wisata lain, seperti Mori Building Digital Art Museum Jepang, Galaxy’s Edge Disneyland California dan 97 destinasi lain.

Quranic Park dibagi menjadi dua bagian yaitu The Glass House dan The Cave of Miracle. Setiap bagian memiliki keunikannya masing-masing.

 Keunikan dan Fasilitas Quranic Park

Pada bagian The Glass House, ada sedikitnya 29 macam tanaman yang disebutkan dalam Alquran. Beberapa di antaranya seperti pohon zaitun, pohon ara, tanaman henna, lidah buaya dan masih banyak lagi.

Sedangkan di The Cave of Miracle, pengunjung disuguhi dengan visualisasi dari apa yang tertulis di Alquran.

Pihak Dubai Tourism berharap perkembangan fasilitas Quranic Park mampu memperkuat posisi Dubai di pasar pariwisata halal berskala global. Dubai juga memiliki tujuan menyediakan destinasi wisata untuk memperkaya pemahaman pengunjung tentang agama dan sejarah Islam.

Mengingat tren wisata Islami akhir-akhir ini banyak digemari, Dubai Tourism optimistis Quranic Park bakal mengalami pertumbuhan yang stabil. Global Muslim Travel Index (GMITI) juga menunjukkan respon serupa, Quranic Park diperkirakan mencapai peningkatan signifikan di tahun 2020 hingga 2026.

Selanjutnya :

Keunikan dan Fasilitas Quranic Park

Representasi Feminisme Versi Barli Asmara

Jangan Lewatkan