Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Dukung Pariwisata, Citilink Buka Rute Baru Sumut-Yogyakarta

Dukung Pariwisata, Citilink Buka Rute Baru Sumut-Yogyakarta Ilustrasi (Foto: Tiket2.com)

Dream - Soal Akses, memang terus menjadi perhatian Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Selain Atraksi dan Amenitas, yang terus menjadi pekerjaan rumah dalam pengembangan destinasi pariwisata nasional. "Ketiganya harus komplit, tanpa 3A, kita tidak bisa bersaing," kata Arief Yahya, dikutip dari keterangan pers tertulis, Selasa 12 September 2017.

Soal akses, itu menyangkut 3A lagi, yakni airport, airlines, dan airnav atau authority. Soal akses pula, dari Sumatera Utara (Sumut) ke Yogyakarta dan sebaliknya bakal makin gampang. Pasalnya, Citilink Indonesia akan membuka rute baru Kualanamu-Yogyakarta pada 20 September mendatang.

Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo mengatakan, selain bagian dari ekspansi bisnis, pembukaan rute baru itu juga untuk mendukung pariwisata tanah air. Menurut Juliandra, Citilink berkomitmen membantu Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) hingga 2019.

"Yogyakarta merupakan salah satu destinasi yang penting dalam peta pariwisata nasional. Penerbangan langsung ini bisa mempercepat realisasi target pemerintah dan diharapkan menjadikan Yogyakarta sebagai kontributor utama dalam pencapaian target tersebut," kata Juliandra saat peluncuran rute baru di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Jumat 8 September lalu.

Dia menambahkan, Sumut dan Yogyakarta memiliki arti penting bagi pariwisata Indonesia. Sumut memiliki Danau Toba yang masuk dalam 10 Bali Baru. Sementara itu, Yogyakarta hanya selemparan batu dari Candi Borobudur di Magelang yang juga masuk 10 Bali Baru. Delapan destinasi lain yang masuk 10 Bali Baru adalah Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Mandalika, Morotai, Kepulauan Seribu, Bromo Tengger Semeru, Wakatobi, dan Labuan Bajo.

"Penerbangan langsung ini diharapkan mampu memperkuat posisi penting kedua wilayah yang sama-sama giat membangun dengan menghubungkan pusat perekonomian, pariwisata, dan pusat pendidikan yang ada di kedua daerah dan juga konektivitas nusantara," kata Juliandra.

Penerbangan langsung rute Medan-Yogyakarta menggunakan pesawat Airbus A320 Neo berkapasitas 180 penumpang. Penerbangan dari Medan dengan kode QG 980 akan ditempuh selama tiga jam lima menit. Pesawat akan terbang dari Medan pukul 12:00 WIB dan tiba di Yogyakarta pada 15:05 WIB.

Sementara itu, penerbangan dari Yogyakarta dengan nomor QG 981 memakan waktu dua jam 55 menit. Pesawat berangkat dari Yogyakarta pukul 15:55 WIB dan tiba di Medan pada 18:50 WIB.

"Citilink optimistis bisa mencapai target rata-rata tingkat keterisian kursi (seat load factor/SLF) minimal sebesar 85 persen pada rute penerbangan ini," kata Juliandra.

Terkait market share, Juliandra optimistis Citilink bisa meraih target 55 persen dari pasar yang sudah ada.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Punya Layanan Mirip Pesawat, Cek Rute dan Harga Tiket Cititrans Busline
Punya Layanan Mirip Pesawat, Cek Rute dan Harga Tiket Cititrans Busline

Bluebird Group memperkenalkan Cititrans Busline di Jakarta, pada Senin, 1 April 2024.

Baca Selengkapnya
Tak Cuma Mudik, Pencarian Akomodasi Libur Lebaran ke Luar Negeri Meroket 50%
Tak Cuma Mudik, Pencarian Akomodasi Libur Lebaran ke Luar Negeri Meroket 50%

Pencarian tiket pesawat untuk destinasi Surabaya, Yogyakarta, Padang, Makassar, dan Bali naik sebesar dua kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya

Baca Selengkapnya
Pura-Pura Sakit demi Liburan Impian, Wanita Ini Malah Ketemu Bos di Pesawat
Pura-Pura Sakit demi Liburan Impian, Wanita Ini Malah Ketemu Bos di Pesawat

Namun dalam perjalanan liburannya, Soares tak sengaja melihat atasannya yang berada di dalam penerbangan yang sama

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Gak Bawa Laptop Pas Cuti
NOTED KAK! Gak Bawa Laptop Pas Cuti

Sahabat Dream, kalian pernah gak sih lagi harinya cuti masih diminta pekerjaan oleh atasan? Kalau pernah komentar di bawah yaa.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Saat Dipanggil ke Ruangan Bos
NOTED KAK! Saat Dipanggil ke Ruangan Bos

Begini POV saat dipanggil bos, rasanya degdegan deh. Kalian ada yang suka merasa begini?

Baca Selengkapnya