Ekowisata Diprediksi Jadi Sektor Cepat Pulih Usai Pandemi Corona

Permintaan akan produk ekowisata diperkirakan akan meningkat, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan di masa new normal.

Ahmad Baiquni
| 27 Mei 2020 11:10

Dream - Pandemi virus corona benar-benar membuat pariwisata Indonesia jatuh. Butuh waktu cukup lama agar sektor yang menyumbang pendapatan terbesar ke devisa ini pulih.

Meski demikian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memprediksi ekowisata bakal jadi sektor yang cepat pulih akibat pandemi. Ini mengingat permintaan akan produk ekowisata diprediksi meningkat saat penerapan new normal.

" Kami prediksikan kegiatan wisata berbasis alam atau outdoor paling cepat rebound, karena ecotourism bukan mass tourism tetapi wisata minat khusus," ujar Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf, Rizki Handayani, dikutip dari Liputan6.com.

Rizki menjelaskan pandemi telah mengubah tipe dan pengelolaan destinasi. Sehingga, kata dia, para pemangku kepentingan harus melakukan evaluasi dan menata ulang pola perjalanan ekowisata.

Selanjutnya, Rizki mengatakan pemerintah memberikan dukungan terhadap pengembangan ekowisata di Indonesia. Ke depan, sektor ini akan menjadi fokus konsentrasi dari Kemenparekraf.

" Kami akan konsentrasi di wisata Ecotourism dan Wellness Tourism," kata dia.

 

Selanjutnya :

Meningkatkan Kepedulian Terhadap Kelestarian Alam

Topik Terkait :

Miris! Warga & PKL Tumpah Ruah di Pasar Tanah Abang Meski PSBB

Jangan Lewatkan