Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Enggak Perlu Turun dari Kasur Buat Berwisata, Ikut Aja Tur Virtual!

Enggak Perlu Turun dari Kasur Buat Berwisata, Ikut Aja Tur Virtual! Ilustrasi (Shutterstock.com)

Dream - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah menggodok konsep wisata baru bertajuk tur virtual interaktif. Konsep wisata ini digadang-gadang akan menjadi tren wisata baru di masa transisi new normal.

Di bawah Kemenparekraf, Traveloka bersama Atourin dan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPP), merealisasikan konsep tersebut dengan menghadirkan tur virtual di beberapa destinasi unggulan Indonesia, salah satunya Bali yang dilaksanakan selama kurang lebih dua jam.

“Konsep interaktif diangkat agar tidak menghilangkan sensasi dan pengalaman yang didapat wisatawan ketika berwisata secara langsung. Walau tur diikuti melalui aplikasi konferensi video, namun peserta dapat berinteraksi dengan pramuwisata yang akan memandu langsung dari obyek wisata,” jelas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, dalam virtual konfrens, Kamis 8 Oktober 2020.

 

Alternatif Hiburan

Adanya tur virtual interaktif ini diharapkan dapat memberikan pilihan hiburan lain kepada masyarakat yang mulai jenuh di tengah pandemi.

Pengembangan kegiatan tur virtual interaktif ini merupakan peluang yang sangat besar bagi para pelaku pariwisata, khususnya pramuwisata, untuk tetap berkreasi dan berinovasi di tengah pandemi.

"Bukan berarti tur virtual ini dapat menggantikan wisata sesungguhnya. Ini merupakan cuplikan mengenai destinasi-destinasi wisata di Indonesia yang nantinya dapat dikunjungi ketika keadaan kembali normal," tambahnya.

Perlahan tapi pasti, semua industri tak terkecuali pariwisata dan ekonomi kreatif. akan bertransformasi melalui digital dan membiasakan diri dengan perkembangan teknologi.

“Cita-cita besar kami adalah ingin mewujudkan ekosistem digital supaya sinergi itu tetap ada,” ungkapnya.

Viral Objek Wisata di Tengah Sawah Dekat Candi Borobudur

Dream - Video tentang suasana bertamasya di sekitar sawah mendadak viral di media sosial. Setelah ditelusuri, lokasi wisata tersebut berada di Magelang, Jawa Tengah.

Viralnya objek wisata tersebut berawal dari unggahan akun Instagram Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Dalam unggahannya, ia menuliskan objek wisata tersebut bernama Svargabumi Borobudur.

Ganjar juga mengatakan, kemunculan objek wisata itu telah memberikan keuntungan bagi pemilik sawah. Lahan mereka disewa Rp80 juta per tahun untuk setiap hektarenya.

“ Ini di Magelang! Pemilik sawah sangat diuntungkan karena sawah 0,1 ha disewa 8 jt/th (1 hektare Rp80 juta/tahun)," tulis Ganjar.

Dia juga menjelaskan, meski lokasi tersebut menjadi objek wisata, para pemilik sawah masih bisa menggarap lahannya dan menambah pemasukan bagi petani sekitar.

" Penggarap tetap diperbolehkan menggarap sawahnya dan mendapatkan seluruh hasil padinya semua alias cuma2 (tidak ada bagi hasil dg pemilik lahan,krn sdh disewa oleh investor)," katanya lagi.

" Buruh tani dapat pekerjaan rutinitas tiap hari atau harian lepas. Disewa selama 10 tahun total luas 20 ha. Ini contoh kasus yang menguntungkan bagi petani dan investor tentunya. Ok gak? Siapa pernah ke sini?," ujarnya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

Jogja memiliki banyak pilihan destinasi wisata air terjun yang menawarkan keindahan alam yang asri.

Baca Selengkapnya
5 Trik Dapatkan Destinasi dan Promo Mantap di Ramainya Travel Fair

5 Trik Dapatkan Destinasi dan Promo Mantap di Ramainya Travel Fair

Selain banyak promo potongan harga, serta cashback, event travel fair biasanya menawarkan banyak keuntungan lain.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Rumah Ustaz Abdul Somad Bikin Kaget, Tidur Hanya Beralaskan Tikar

Rumah Ustaz Abdul Somad Bikin Kaget, Tidur Hanya Beralaskan Tikar

Rumah milik Ustad Abudl Somad atau UAS berada di perkampungan dengan jalan yang cuma muat dilintasi satu mobil.

Baca Selengkapnya