Menguak Isi Lubang Terdalam di Dunia

Para ilmuan Soviet telah menggali sedalam 12 kilometer selama 24 tahun, mereka menemukan...

Idho Rahaldi
| 24 Oktober 2018 10:10

Dream - Bila mendengar kata Rusia, pasti kalian akan teringat dengan perang dunia dan senjata nuklirnya. Tak hanya itu, ternyata negara Rusia Barat juga menyimpan sebuah penemuan dari zaman 1994 yaitu The Kola Superdeep Borehole atau lubang terdalam di dunia

Yap, Lubang ini sengaja digali oleh para ilmuan Soviet pada tahun 1970 untuk mencari tahu apa yang sebenarnya ada di dasar permukaan bumi.

" Kebenarannya adalah, kita hanya tahu sedikit tentang apa yang ada dibawah kaki kita daripada sisi lain yang ada di tata surya" ujar Hank Green saat acara SciShow episode 2014.

Para ilmuan Soviet telah menggali sedalam 12 kilometer selama 24 tahun. Namun mereka tidak menemukan hasil dari penelitiannya dan justru mendapatkan penemuan lain.

Hank juga menegaskan para ilmuan mendapatkan banyak pelajaran baru. Pertama, mereka menemukan air di kedalaman 12 km dasar bumi dan fosil dari 24 jenis organisme bersel tunggal lama yang sudah mati di kedalaman 7 km.

Selain itu, para ilmuan juga menemukan batu-batu yang sudah berumur 2,7 miliar tahun yang lalu. Namun mereka tidak dapat mengaksesnya dikarenakan suhu yang mencapai 180 derajat celcius.

Laporan: Mega Rasmiyati

Selanjutnya :

Ini Videonya

Topik Terkait :

#Q&A - Dream Inspiring Woman 2018

Jangan Lewatkan