Fakta Mengejutkan Taman Bertema Islam di Tiongkok

Terletak di Yinchuan, di dataran Sungai Kuning, taman tersebut berdiri hampir 970 km ke barat kota Beijing.

Puri Yuanita
| 12 Juli 2016 08:20

Dream - Dengan tujuan memikat turis Muslim kaya dan meningkatkan citranya di dunia Arab, pemerintah China rela mengeluarkan dana besar untuk membangun sebuah taman bertema Islam.

China Hui Culture Park, yang dibuka pada tahun 2005, sekarang sedang diperluas sebagai bagian dari rencana untuk mengubah citra taman di Provinsi Ningxia itu menjadi objek wisata halal.

Hui adalah kelompok etnis mayoritas Muslim yang tinggal di provinsi barat laut China yang secara etnis dan bahasa mirip dengan orang-orang Han. Etnis Han sendiri merupakan etnis mayoritas di seluruh daratan China.

Terletak di Yinchuan, di dataran Sungai Kuning, taman tersebut berdiri hampir 970 km ke barat kota Beijing. Sejumlah pengamat mempertanyakan manfaat dari mengembangkan taman yang ditujukan untuk wisatawan internasional tapi terletak begitu jauh dari kota-kota pesisir yang tengah booming.

Namun hal itu tidak menyurutkan tekad pemerintah daerah untuk tetap melanjutkan pengembangan China Hui Culture Park menjadi taman wisata bertema Islam.

Salah satu bukti dari tekad pemerintah itu adalah pembangunan terminal bandara raksasa seluas 80.000 meter persegi di Bandara Internasional Yinchuan Hedong. Selain itu pemerintah daerah juga mengganti tanda-tanda jalan di sekitar kota dengan tanda-tanda yang menampilkan terjemahan bahasa Arab.

Namun menurut NBC News, terdapat satu masalah yang dihadapi China. Belum ada satupun wisatawan Arab yang datang ke taman tersebut. Tempat parkir digambarkan 'hampir kosong' dan harga tiket telah dikurangi menjadi 80 yuan (sekitar Rp 160 ribu) selama musim panas dan 60 yuan (sekitar Rp 118 ribu) selama musim dingin.

Selain itu, banyak atraksi, seperti pertunjukan tari dan laser bertema Arab, belum dibuat atau telah ditutup.

Petugas taman juga menolak mengomentari penjualan tiket yang sepi. Namun mereka mengharapkan untuk melihat satu juta pengunjung setiap setahun sekali jika pengembangan taman tersebut selesai dibangun.

(Sumber: shanghaiist.com)

Potret Aktifitas Prisia Nasution Saat Jelajahi Alam

Jangan Lewatkan