Fenomena Alam Aneh di Siberia, Salju Turun Warna Hitam

Salju ini terlihat mengerikan.

Ahmad Baiquni
| 19 Februari 2019 11:11

Dream - Umumnya, salju yang turun di negara-negara bagian utara bumi berwarna putih. Salju sendiri merupakan air yang turun laiknya hujan namun dalam keadaan beku.

Tetapi, ada fenomena aneh yang terjadi di Siberia. Di negara ini, salju yang turun berwarna hitam dan tampak menyeramkan.

Dikutip dari iflscience.com, femonema aneh ini dapat ditemukan di Kemerovo, barat daya Kuznetsk Basin. Daerah ini dikenal sebagai pusat penambangan batu bara.

Ya, tambang batu bara memang menjadi jantung perekonomian Kemerovo. Sedangkan Krasnaya Gorka, museum tambang batu bara menjadi salah satu daya tarik utama wisata di kota ini.

Meski menyejahterakan penduduknya, tambang batu bara di Kemerovo menyisakan masalah pelik yaitu polusi. Bahkan polusi udara menyebar hingga kawasan tetangga seperti Prokopyevsk, Kiselyovsk, dan Lenink, membuat tanah, gedung, bahkan mobil-mobil berwarna hitam bercampur putih salju.

Masyarakat sekitar mengacungkan jari telunjuk mereka ke arah pabrik batu bara di dekatnya. Berdasarkan laporan, pengelola pabrik gagal menyaring asap yang keluar.

Wakil Gubernur Kemerovo, Andrei Panov, turut menyalahkan tungku batu bara, asap knalpot, dan pabrik-pabrik batu bara.

Ini bukan pertama kalinya terjadi di Kemerovo. Pada Desember lalu, sejumlah pejabat diduga mengecat salju untuk menyembunyikan debu akibat polusi yang mengubah rumput menjadi hitam.

Yang lebih mengejutkan, fenomena semacam ini rupanya tidak hanya terjadi di Rusia. Temirtau, kawasan tambang besi di tengah Kazakhstan, ditutupi salju hitam awal tahun ini.

Menanggapi hal ini, sejumlah warga mengirim surat kepada ketua Asosiasi Organisasi Ekologi Kazakhstan, Aliya Nazarbayeva.

" Salju yang turun telah diuji lakmus, menunjukkan skala yang menakutkan dari emisi berbahaya ini. Seluruh debu dari pabrik berakhir di paru-paru kita, dan di dalam paru-paru anak-anak kita," demikian protes warga.

Topik Terkait :

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone

Jangan Lewatkan