Festival Budaya Isen Mulang Bakal Hebohkan Palangkaraya

Festival Budaya Isen Mulang menjadi event rutin memperingati hari ulang tahun (HUT) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Puri Yuanita
| 3 April 2017 13:43

Dream - Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) kembali bakal digelar di Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) 18-24 Mei 2017 mendatang. Acara ini akan diisi ragam kekayaan budaya, aneka perlombaan, dan Pemilihan Putra Putri Pariwisata (Papipar) Kalteng.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palangkaraya, Affendy mengatakan, Festival Budaya Isen Mulang menjadi event rutin memperingati hari ulang tahun (HUT) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Event ini sebagai upaya untuk melestarikan seni dan budaya daerah setempat, sehingga tidak pupus ditelan zaman.

" Seluruh lapisan masyarakat dari berbagai daerah dan para pejabat daerah, ikut ambil bagian dalam rangkaian acara Festival Budaya Isen Mulang untuk memperingati Hari Jadi Ke-60 Kalimantan Tengah ini. Biasanya, festival ini juga banyak didatangi turis lokal dan asing," kata Affendy dikutip dari keterangan pers tertulis, Senin 3 April 2017.

Affendy menjelaskan, pembukaan Festival Budaya Isen Mulang akan dipusatkan di Bundaran Besar Palangkaraya. Kemudian dilanjutkan dengan karnaval budaya yang dimulai dari depan rumah jabatan Gubernur, Istana Isen Mulang, tempat panggung utama didirikan, melintasi beberapa kawasan di Kota Palangkaraya, dan kembali ke Bundaran Besar.

" Selain karnaval budaya, juga digelar lomba fotografi yang berkaitan dengan karnaval budaya dengan tema pengambilan gambar di seluruh lokasi kegiatan. Perlombaan fotografi digelar dengan harapan akan melahirkan bakat-bakat fotografi di Kalteng," kata Affendy.

Selain lomba fotografi, lanjut Effendy, berbagai perlombaan khas daerah pun akan dihelat, yakni Lomba Lawang Sakepeng, Lomba Meneweng Manetek dan Manyila Kayu, Lomba Karungut Putra Putri yang juga diadakan pada 19 Mei 2016. Besoknya, Lomba Balogo, Lomba Habayang, Lomba Jukung Tradisional digelar 20 Mei 2016.

Dilanjutkan Lomba Mangenta, Lomba Malamang, Lomba Panginan/Masakan Tradisional, Lomba Besei Kambe, Lomba Jukung Hias, dan Lomba Tari Pedalaman pada 21 Mei 2016. Kemudian Lomba Manyipet, Lomba Mangaruhi, Lomba Lagu Daerah, dan Lomba Tari Pesisir diadakan pada 22 Mei 2016.

" Pada Kamis 19 Mei 2016 juga akan diselenggarakan Unjuk Bakat Lomba Pemilihan Putra Putri Pariwisata (Papipar) Kalteng 2016 di Museum Balanga, Jalan Tjilik Riwut KM 2. Dan yang paling seru Lomba Sepak Sawut dengan bola api yang menjadi ciri khas masyarakat Kalteng digelar pada 19, 21, dan 22 Mei 2016," papar Effendy.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Esthy Reko Astuty mengatakan, perayaan dengan bermuara pada kebudayaan atau kearifan lokal merupakan media perekat atau pemersatu masyarakat. Pemerintah berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan lebih meriah setiap tahunnya.

" Selain pemersatu masyarakat dan mempertahankan kearifan lokal, Festival Budaya Isen Mulang juga bisa menjadi magnet mendatangkan wisatawan nusantara (wisnus) dan wisatawan mancanegara (wisman). Tahun ini, Festival Budaya Isen Mulang diharapkan lebih ramai wisman dengan banyaknya peserta dan pengunjung yang datang," kata Esthy.

Esthy menambahkan, Festival Isen Mulang yang masuk dalam Calender of Event Pariwisata Kemenpar ini merupakan ajang bagi Kalteng menunjukkan ke dunia bagaimana Kalteng tersebut, sehingga festival ini sangat sayang sekali dilewatkan.

" Kerajinan tangan penduduk Kalteng juga bisa dilihat di Kalteng Expo. Biasanya juga digelar berbarengan dengan Festival Isen Mulang ini. Dan pada malam terakhir biasanya akan diadakan pertunjukan musik dan dimeriahkan juga dengan pertunjukan kembang api. Kemenpar akan terus mendukung festival ini," pungkas Esthy.

Video Detik-detik Mobil Presiden Jokowi Terjang Banjir di Kalsel

Jangan Lewatkan