Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Festival Danau Toba Ramaikan Tapanuli Utara

Festival Danau Toba Ramaikan Tapanuli Utara Pembukaan Festival Danau Toba 2016 (Foto: Instagram Kemenpar)

Dream - Festival Danau Toba (FDT) 2016 yang berlangsung pada 9-12 September akan menyuguhkan berbagai acara bertemakan seni budaya. Acara ini nantinya dipusatkan di Muara, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara.

Selama empat hari berturut-turut, kamu dapat menyaksikan serangkaian event yang tidak lain untuk memperkenalkan keunikan dari budaya dan alam kawasan Danau Toba. Pada hari pertama, 9 September, akan diselenggarakan pawai kendaraan hias bertema ulos, acara pembukaan oleh Menteri Pariwisata, tari kolosal dan penampilan artis ibukota Vicky Sianipar.

Di hari kedua, 10 September, akan ada pameran pariwisata, lari lintas alam Geopark Kaldera Toba, lomba renang rakyat, lomba solu parsada-sada, pardua-duaan dan seminar pariwisata. Selanjutnya, lomba vocal group, lomba food and fashion, atraksi seni budaya oleh Pemko Sibolga, dan atraksi seni budaya Pemkab Dairi.

Di hari ketiga, 11 September, diselenggarakan lomba lukis untuk anak-anak, pemilihan Ucok & Butet Geopark Kaldera Toba dan lomba paduan suara. Sementara itu di hari terakhir, 12 September, sebelum upacara penutupan akan diadakan atraksi monsak dan tortor tumba, penyerahan hadiah, penyerahan penghargaan Geopark Heroes serta atraksi penutup dari tuan rumah.

Tahun ini FDT dipersiapkan untuk menampung 10 juta pengunjung setelah akses penerbangan langsung Jakarta-Silangit diresmikan, juga akses jalur darat diperbaiki. Kamu tidak hanya akan disuguhi indahnya Pulau Samosir tetapi juga destinasi-destinasi baru seperti Sipinsur dan Air Terjun Janji.

FDT sendiri merupakan acara wisata tahunan yang telah berlangsung sejak 2013. Festival ini dahulu diberi nama Pesta Danau Toba yang telah berlangsung sejak 1982. Pada mulanya Pesta Danau Toba merupakan sebuah event lokal yang diselenggarakan sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas keberadaan Danau Toba. Danau ini mempunyai peran penting bagi kehidupan Suku Batak yang tinggal di pesisir Danau Toba.

(Sumber: Kementerian Pariwisata)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Digelar 5 Hari, Dream Day Ramadan Fest 2024 Bertabur Hadiah Jutaan Rupiah Sampai Umroh Gratis!

Digelar 5 Hari, Dream Day Ramadan Fest 2024 Bertabur Hadiah Jutaan Rupiah Sampai Umroh Gratis!

Apakah kamu sosok yang beruntung mendapatkan hadiah utamanya?

Baca Selengkapnya
Festival Mimpi Ibu 2023, Wujudkan Impian Ibu Lebih Berdaya di Hari Spesial

Festival Mimpi Ibu 2023, Wujudkan Impian Ibu Lebih Berdaya di Hari Spesial

Berlangsung sejak November 2023, acara ini sukses bangkitkan semangat para Ibu untuk berdaya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Ketika Lagi Sibuk Kerja Malah Diganggu

NOTED KAK! Ketika Lagi Sibuk Kerja Malah Diganggu

Sahabat Dream, Kalian suka sebal gak diganggu rekan kerja padahal lagi sibuk-sibuknya? Kalau kalian di posisi itu mau bereaksi apa?

Baca Selengkapnya
Bungkus! Tebak kopi Sachet

Bungkus! Tebak kopi Sachet

Sahabat dream, kalian suka minum kopi sachet gak nih? Kalau pernah, pasti bisa dong jawab tebakan ini.

Baca Selengkapnya