Festival Indonesia Moskow Tarik Wisatawan Asing dari Eropa

FIM menarik banyak sekali peminat dari Eropa.

Annisa Mutiara Asharini
| 4 Juli 2019 12:12

Dream - Kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia menjadi ujung tombak untuk menarik minat wisatawan asing. Tak ada yang dapat menolak kultur Tanah Air yang eksotis.

Terbukti dengan adanya pertumbuhan turis mancanegara dari Eropa ke Indonesia dalam satu tahun terakhir, terutama dari kawasan Rusia. Hal ini tak lepas dari ajang tahunan Festival Indonesia Moskow (FIM).

" FIM ini peminatnya sangat besar. Tahun lalu kita tembus 135 ribu pengunjung dari target 120 ribu. Sebagian besarnya masuk ke Indonesia karena ada 13,45 persen growth kunjungan wisatawan Eropa ke Indonesia, khususnya Rusia," papar Direktur Marketing Eropa Area Kementerian Pariwisata Indonesia, Agustini Rahayu, di konferensi pers Ferry Sunarto, Jakarta, Rabu 3 Mei 2019.

 FIM

Acara yang telah berlangsung selama tiga tahun itu merupakan festival Indonesia terbesar di Moskow. FMI menghadirkan ragam budaya Indonesia yang mencakup fashion, kuliner, seni rupa dan pertunjukan.

Produk budaya tersebut rupanya sangat diminati pengunjung. Duta Besar RI untuk Moskow, Wahid Supriyadi menyebutkan profit FIM pada tahun lalu mencapai US$2,3 juta, setara Rp32,5 miliar.

" Produk fashion kita sangat diminati, mulai dari batik, jumputan, tenun dan aneka kain nusantara. Pertunjukan seni seperti kolintang, gamelan, tari tradisional, batik workshop dan wayang merupakan atraksi yang tidak pernah terpantau sepi di FIM," ujar Wahid.

 FIM

Bertempat di Krasnaga Presnya Park pada 2-4 Agustus 2019 mendatang, festival ini akan diramaikan dengan berbagai booth kuliner, seni dan budaya dari 8 provinsi Indonesia.

" Tahun ini Yogyakarta sangat luar biasa, mereka menempati booth seluas 200 meter persegi, dua kali lebih besar dari DKI Jakarta. Nantinya akan memamerkan aneka kerajinan furnitur," ujarnya.

Selain itu, desainer Ferry Sunarto juga akan menghadirkan 30 koleksi kebaya dari kain Sulawesi Tenggara di gelaran fashion show pada 4 Agustus mendatang.

Topik Terkait :

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo

Jangan Lewatkan