Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Festival Kreatif Lokal 2021, Upaya Memulihkan Sektor UMKM di Tengah Pandemi

Festival Kreatif Lokal 2021, Upaya Memulihkan Sektor UMKM di Tengah Pandemi Festival Kreatif Lokal 2021

Dream - UMKM menjadi sektor yang sangat terdampak pandemi Covid-19. Pendapatan sektor ini turun drastis, sejalan dengan terpukulnya pariwisata nasional.

Pulihnya sektor UMKM menjadi salah satu perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Agar UMKM dapat kembali berdaya, Sandiaga dan jajarannya di Kemenparekraf menggandeng Adira Finance untuk menggelar Festival Kreatif Lokal 2021.

"Gelaran Festival Kreatif Lokal 2021 menjadi modal bagi pelaku UMKM di lima Destinasi Super Prioritas untuk tumbuh dan menunjukkan semangat terus maju di tengah tantangan," ujar Sandiaga saat Grand Launching Festival Kreatif Lokal 2021, Rabu, 01 September 2021.

Festival Kreatif Lokal 2021 akan memilih UMKM terbaik dari tiga kategori bidang ekonomi kreatif, yaitu Kuliner, Kriya, dan Fashion. Para peserta adalah pelaku UMKM yang berbasis di 5 Destinasi Super Prioritas yaitu Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Likupang, dan Mandalika.

Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli, mengatakan program ini dihadirkan sebagai bagian dari perayaan HUT ke-31 Adira Finance. Selain itu, juga merupakan komitmen Adira Finance untuk mendukung Pemerintah memulihkan perekonomian nasional.

"Lewat kegiatan ini, kami mendukung upaya pemerintah, khususnya Kemenparekraf RI, dalam memajukan UKM sektor ekonomi kreatif agar bersama-sama tumbuh membangun perekonomian Indonesia di tengah masa pandemi," kata Hafid.

 

Gelaran ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak. Di antaranya dari MUFG, Zurich, Adira Finance Syariah, dan Baba Rafi Enterprise.

"Kegiatan ini akan mampu mendorong pertumbuhan dan meningkatkan daya saing UMKM sehingga akan berdampak positif bagi perekonomian Indonesia secara keseluruhan," kata Direktur Adira Insurance, Wayan Pariama.

Peserta UMKM diseleksi dan dinilai berdasarkan inovasi dan orisinalitas produk, visi-misi, model bisnis, serta strategi bisnis yang dikembangkan. Selain itu, tujuan dan dampak dari keberadaan UMKM terhadap pengembangan ekosistem wisata dan pemberdayaan sumber daya masyarakat sekitar juga menjadi bagian dari penilaian.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah dengan total ratusan juta rupiah. Hadiah tersebut diberikan sebagai modal usaha, pelatihan bisnis, dan berbagai eksposur bantuan.

Untuk kamu yang ingin mengikuti Kreatif Lokal Award, dapat mendaftarkan diri melalui situs resmi www.festivalkreatiflokal.co.id. Atau bisa melalu website Adira, adira.id/festivalkreatiflokal-pr. 

Pendaftaran ini akan dimulai 1 September. Pendaftaran akan ditutup pada 22 September 2021.

Laporan : Delfina Rahmadhani

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Wapres Resmikan 525 BLK Komunitas: Percepat Peningkatan SDM

Wapres Resmikan 525 BLK Komunitas: Percepat Peningkatan SDM

BLK Komunitas diharapkan dapat menjadi rujukan bagi pencari kerja untuk meningkatkan kompetensinya.

Baca Selengkapnya
Festival Mimpi Ibu 2023, Wujudkan Impian Ibu Lebih Berdaya di Hari Spesial

Festival Mimpi Ibu 2023, Wujudkan Impian Ibu Lebih Berdaya di Hari Spesial

Berlangsung sejak November 2023, acara ini sukses bangkitkan semangat para Ibu untuk berdaya.

Baca Selengkapnya
Kemnaker: Talenta Muda Modal Wujudkan Indonesia Emas 2045

Kemnaker: Talenta Muda Modal Wujudkan Indonesia Emas 2045

Al Binaa Festival menjadi salah satu contoh bahwa pengembangan diri harus dilakukan sepanjang hayat, dimulai di bangku sekolah atau di usia muda.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.