Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Festival Pesona Tambora 2016 Promosikan Wisata Halal NTB

Festival Pesona Tambora 2016 Promosikan Wisata Halal NTB Peluncuran Festival Pesona Tambora (FPT) 2016

Dream - Mengenang tragedi letusan Gunung Tambora yang terjadi 2 abad silam, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Festival Pesona Tambora (FPT) 2016. Penyelenggaraan acara tahunan itu akan diselenggarakan pada 11-16 April mendatang.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan FPT 2016 memang sengaja mengambil momentum peringatan letusan Gunung Tambora di kabupaten Domu dan Bima. Begitu dahsyatnya letusan Gunung Tambora hingga menyedot perhatian masyarakat dunia.

"Gunung Tambora dan Rinjani di NTB merupakan Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. Diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisman dan yang ditargetkan 12 juta wisatawan dan 260 juta wisnus," ungkap Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona Jakarta pada Senin, 11 Januari 2016.

Menpar berharap ajang FPT 2016 ini akan lebih fokus pada tema halal atau friendly tourism. Sehingga bisa meningkatkan pencitraan NTB sebagai destinasi halal di tingkat dunia.

"Popularitas Wonderful Indonesia kini berada di ranking 47 dunia dengan nilai 74,8 poin. Atau kalau di tingkat Asia berada di urutan keempat di bawah Jepang, India dan Singapura," imbuhnya.

Momentum ini juga diharapkan Gubernur NTB, M. Zainal Majdi dapat mengangkat potensi pesona alam dan budaya di NTB. Bersamaan dengan momentum ditetapkan Lombok sebagai The World's Best Halal dan The World's Best Halal Honeymoon Destination beberapa waktu lalu.

FPT 2016 dikemas dengan konsep pagelaran seni yang dibagi dalam tiga kegiatan utama. Diawali dengan peluncuran acara, lalu dilanjutkan dengan seminar tentang wisata bahari yang mengangkat isu mengenai Rinjani menuju geopark dunia dan Lombok wisata halal dunia.

"Selanjutnya akan ada peziarahan Tambora, lalu Gili Tapan yang menampilkan upacara Lau, pertunjukan musik gambus lautan dan layar film. Terakhir ada kopi Tambora sebagai pagelaran budaya, kompetisi kreatif dan Cargo Cult Festival," imbuh Zainal.

Sedangkan untuk kegiatan inti akan digelar Tambora Running yang dibagi menjadi Ultracrun dan Tambra Ultra. Kemudian diselenggarakan pula Tambora Bike Camp, Tambora Festival, Pulau Satonda dan ritual budaya Tamboraman.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP