Festival Yadnya Kasada Bromo Bikin Media Asing Terpesona

Selain hasil bumi, beberap binatang seperti kambing, sapi dan ayam ikut dilempar ke dalam kawah gunung Bromo dalm kondisi masih hidup.

Ratih Wulan
| 27 Juli 2016 15:40

Dream - Pesona Gunung Bromo begitu memikat, tak hanya di dalam negeri, tapi juga tersohor hingga ke negeri manca. Baru-baru ini, gunung berapi aktif di Pulau Jawa ini menggelar Festival Yadnya Kasada. Hajatan tahunan yang sakral bagi penduduk setempat ini disorot berbagai media asing.

Ketinggian 2.300 meter menjadi titik yang paling favorit gunung ini. Sebab, pada ketinggian itu, mata pelancong akan dimanja oleh pemandangan indah. Selain itu, juga menjadi lokasi paling strategis untuk menyaksikan kemegahan matahari terbit.

Untuk menuju Gunung Bromo, wisatawan harus melintasi lautan pasir terlebih dahulu. Dataran tandus berpasir ini merupakan rumah bagi sekitar 90.000 orang Tengger. Setiap tahun, mereka melakukan perjalanan dari desa terdekat ke atas gunung.

Orang-orang Tengger itu melaksnakan ritual Yadnya Kasada yang berlangsung selama satu bulan. Warga akan mempersembahkan makanan dengan cara dilempar ke dalam kaldera gunung berapi yang masih terus aktif. Selain hasil bumi, hewan ternak seperti kambing, ayam, dan sapi, juga dijadikan persembahan.

Festival diselenggarakan oleh Pura Luhur Ponten, yaitu sebuah candi Hindu yang berada di atas lautan pasir. Pada pelaksanaan hari ke-14, suku Tengger akan berkumpul di Pura untuk meminta berkat sesuai dengan kepercayaannya. Setelah itu, prosesi pelemparan persembahan akan dimulai di tepian kawah.

Gunung Bromo merupakan anak bungsu dari beberapa gunung berapi yang berada di kawasan Tengger. Saat terjadi letusan, kawah akan memancarkan asap tebal berwarna putih dan beraroma belerang.

Meskipun berbahaya, warga tetap nekat turun ke pinggiran kawah karena dipercaya akan membawa keberuntungan untuk mereka. Sedangkan beberapa orang terlihat ada yang bertugas untuk menangkap benda yang dilempar menggunakan jaring.

Sumber: amusingplanet

 

Penampakan Wahana Bermain Anak Milik 7 Seleb, Mewah Plus Desainnya Unik!

Jangan Lewatkan