Galapagos, Pulau Cantik Pembuat Leonardo DiCaprio Prihatin

Ekosistem Galapagos terancam. Banyak spesies langka menuju kepunahan akibat spesies invasif.

Ahmad Baiquni
| 24 Mei 2021 16:31

Dream - Aktor Hollywood Leonardo DiCaprio baru-baru ini diketahui melakukan pendanaan sebesar US$43 juta atau sekitar Rp617 miliar untuk pembangunan kembali proyek di Kepulauan Galapagos. Proyek itu bertujuan untuk melindungi dan memulihkan kembali ekosistem yang mulai rusak.

Inisiasi tersebut disalurkan lewat Re:wild, organisasi nirlaba yang baru saja dibentuk antara Global Wildlife Conservation dan Leonardo DiCaprio. Galapagos menjadi projek pertama Re:wild dan mereka berencana meningkatkan konsep pembangunan kembali agar dapat memulihkan spesies dan ekosistem yang kaya di kepulauan tersebut.

" Agar dapat memperkuat dan meningkatkan solusi lokal yang dipimpin oleh masyarakat adat dan komunitas lokal," kata Leonardo Dicaprio, dikutip dari Lonely Planet.

Salah satu komitmen pertama Re:wild adalah pengenalan 13 spesies lokal terancam punah di Galapagos, mulai dari iguana merah muda, kura-kura raksasa, hingga burung langka Floreana Mockingbird. Sayangnya, spesies burung tersebut telah menghilang dari Pulau Floreana.

Diketahui pemicunya adalah masuknya mamalia invasif seperti kucing liar dan hewan pengerat lainnya melalui lalu lintas kapal dan udara ke pulau tersebut. Spesies-spesies ini tidak hanya mengancam ekosistem Galapagos namun juga mata pencaharian lokal.

 

Selanjutnya :

Serangan Mamalia Invasif

Viral, Artis dan Mantan Menteri Saling Tuding Insiden Nyerempet Mobil

Jangan Lewatkan