Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Galapagos, Pulau Cantik Pembuat Leonardo DiCaprio Prihatin

Galapagos, Pulau Cantik Pembuat Leonardo DiCaprio Prihatin Kepulauan Galapagos (Shutterstock.com)

Dream - Aktor Hollywood Leonardo DiCaprio baru-baru ini diketahui melakukan pendanaan sebesar US$43 juta atau sekitar Rp617 miliar untuk pembangunan kembali proyek di Kepulauan Galapagos. Proyek itu bertujuan untuk melindungi dan memulihkan kembali ekosistem yang mulai rusak.

Inisiasi tersebut disalurkan lewat Re:wild, organisasi nirlaba yang baru saja dibentuk antara Global Wildlife Conservation dan Leonardo DiCaprio. Galapagos menjadi projek pertama Re:wild dan mereka berencana meningkatkan konsep pembangunan kembali agar dapat memulihkan spesies dan ekosistem yang kaya di kepulauan tersebut.

"Agar dapat memperkuat dan meningkatkan solusi lokal yang dipimpin oleh masyarakat adat dan komunitas lokal," kata Leonardo Dicaprio, dikutip dari Lonely Planet.

Salah satu komitmen pertama Re:wild adalah pengenalan 13 spesies lokal terancam punah di Galapagos, mulai dari iguana merah muda, kura-kura raksasa, hingga burung langka Floreana Mockingbird. Sayangnya, spesies burung tersebut telah menghilang dari Pulau Floreana.

Diketahui pemicunya adalah masuknya mamalia invasif seperti kucing liar dan hewan pengerat lainnya melalui lalu lintas kapal dan udara ke pulau tersebut. Spesies-spesies ini tidak hanya mengancam ekosistem Galapagos namun juga mata pencaharian lokal.

Serangan Mamalia Invasif

Mamalia invasif tersebut telah membahayakan keamanan pangan, dan mengurangi jumlah tanaman dan spesies endemik yang menjadi alasan turis untuk berkunjung.

Dokter hewan di Island Conservation, Paula A. Castano, mengatakan banyak spesies telah kehabisan waktu.

"Iguana merah muda Galapagos, burung Mockingbird Floreana, dan satwa liar lainnya mungkin akan segera hilang selamanya tanpa tindakan," kata Castano.

"Kami tahu cara mencegah kepunahan ini dan memulihkan ekosistem yang berfungsi dan berkembang, kami telah melakukannya, tetapi kami perlu meniru keberhasilan ini, berinovasi, dan meningkatkan skala," ucap dia menambahkan.

Memulihkan Galapagos

Selain mengendalikan dan menghilangkan spesies invasif dan meningkatkan kesadaran di antara penduduk setempat serta wisatawan, Re:wild juga berupaya melindungi sumber daya laut Galapagos. Diharapkan ekowisata dapat berkembang dengan cara yang lebih berkelanjutan, seperti mempertimbangkan kebutuhan dan tujuan komunitas lokal dengan menawarkan dukungan melalui lokakarya dan keterlibatan.

"Dalam (skenario0 ini, Anda harus memiliki komunitas sebagai bagian dari proyek, jika tidak, Anda tidak akan berhasil," ucap Castano

"Begitu Anda menyingkirkan spesies invasif, Anda perlu melindungi pulau dan hindari spesies baru datang kembali. Aspek biosecurity sangat penting, jadi jika masyarakat tidak dilibatkan, hal itu tidak akan terjadi," tambah dia.

Dengan segala keindahan flora dan faunanya, Galapagos sering menjadi tujuan wisata populer di dunia. Namun dengan mulai terganggunya ekosistem, saat ini pulau tersebut telah mencapai titik kritis keanekaragaman hayati.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
16 Burung Paling Eksotis dan Langka yang Hanya Ada di Kepulauan Galapagos!

Kepulauan Galápagos adalah sistem ekologi yang menjadi habitat berbagai jenis hewan langka dan menarik.

9 Hewan Langka, Unik, dan Aneh yang Hanya Hidup di Kepulauan Galapagos

Berikut 9 hewan endemik yang hanya hidup di kepulauan Galapagos!

Akan Dibangkitkan dari Kepunahan, Begini Penampakan Burung Dodo yang Ikonik

Inilah gambaran Burung Dodo yang akan dihidupkan kembali setelah mengalami kepunahan akibat intervensi manusia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Penemuan Gambar Unik di Gua Madagaskar, Diduga Ada Hubungannya dengan Mesir dan Kalimantan

Penemuan arkeologi mengungkapkan adanya keterkaitan budaya antara Mesir Kuno dengan Kalimantan di Gua Madagaskar!

Baca Selengkapnya
Spesies Baru Katak Kecil Ditemukan di Indonesia, Ukurannya Cuma 3 Cm!

Para ahli biologi menemukan spesies baru dari genus katak bertaring yang bersarang di darat, Limnonectes, hidup di Pulau Sulawesi, Indonesia.

Baca Selengkapnya
Heboh Penemuan Spesies Baru, Makhluk Laut 300 Juta Tahun Lalu Memiliki Tubuhnya Transparan

Berikut kisah para peneliti menemukan spesies bernama Booralana Nickorum yang sudah menetap di planet ini selama 300 juta tahun!

Baca Selengkapnya
Ilmuwan Temukan Spesies Dinosaurus Terbesar dan Terakhir dari Keluarga Sauropoda

Inilah kisah para peneliti yang berhasil menemukan spesies Sauropoda terbesar yang masih hidup hingga saat ini!

10 Burung Tercantik di Dunia, Tak Semuanya Gampang Ditemukan

Inilah beberapa burung yang tercantik di dunia, sudah pernah lihat?

Baca Selengkapnya
9 Potret Seleb Punya Kebun Binatang Dirumahnya, Ada yang Pernah Digigit sampai Jarinya Gosong

Mereka memiliki cara unik untuk ungkapkan rasa sayangnya pada hewan-hewan yang dicintai.