Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Gara-gara Ini, Jumlah Turis Prancis ke Bali Meningkat Pesat

Gara-gara Ini, Jumlah Turis Prancis ke Bali Meningkat Pesat Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Strategi pemasaran dan promosi yang dijalankan ke negara-negara Eropa sukses besar. Sebut saja wisman dari Prancis. Data terbaru dari Visit Indonesia Tourism Office (VITO) Prancis menyebutkan, tingkat kunjungan wisman Prancis ke Bali menempati peringkat ke tujuh dari sejumlah negara.

Selama tahun 2017 lalu, jumlah kunjungan wisman Prancis mencapai 162.288 wisman. Angkanya lebih besar dari 2016 yang berjumlah 147,413 wisman. "Peningkatannya sebesar 10,09 persen," ujar Eka Moncare, perwakilan VITO Prancis, dikutip dari keterangan pers tertulis, Selasa 16 Januari 2018.

Lantas faktor apa saja yang mempengaruhi peningkatan kunjungan wisman Prancis ke Bali? Soal ini Eka punya jawabannya. Pertama adalah popularitas Bali yang memang menjadi favorit wisatawan Prancis.

Masyarakat Prancis dikatakannya sangat menyukai kultur dan budaya. Dan Bali memiliki semua itu dan menawarkannya kepada wisman Prancis secara lengkap. Bali, menurut Eka, sangatlah unik. Meskipun menjadi tujuan wisatawan dunia, namun kekuatan tradisionalnya masih sangat terjaga.

"Dan hal tersebut ditunjang dengan penerbangan langsung (direct flight) dari Paris ke Bali yang menjadi salah satu faktor sukses kunjungan wisman Prancis," kata Eka.

Selain itu "hospitality" masyarakat dan industri di Bali sudah sangat baik. Masyarakat Bali mampu berbicara bahasa Inggris bahkan Prancis dengan baik dan semakin baik. Bali sangat menyambut wisatawan dan telah memiliki pengalaman yang baik dalam hospitality.

"Dan banyak sekali pilihan hotel di Bali yang harganya kompetitif. Sehingga membuat Tour Operator semakin mudah membuat paket untuk dijual," ujarnya.

Amenitasnya juga sangat oke. Dari kelas guest house hingga hotel kelas bintang tujuh, semuanya memiliki standar yang baik. Promosinya juga sangat bagus. Dari mulai brosur, artikel, hingga info-info di dunia maya, semuanya tersedia. "Semua itu membuat Bali semakin mudah dijual dan menarik wisatawan," kata Eka.

Belum lagi strategi promosi yang dijalankan Kementerian Pariwisata dan VITO Prancis sendiri. Sepanjang 2017, VITO Prancis sudah intens memberikan presentasi dan training ke Tour Operator (TO)/Travel Agent (TA) tentang Indonesia.

VITO Prancis juga memiliki office open to public yang buka setiap Senin hingga Jumat. Dimana orang bisa datang untuk bertanya dan berdiskusi langsung untuk mempersiapkan trip mereka ke Indonesia. "Dan orang Prancis senang jika ada assistant tourism office yang membuat mereka penuh confidence untuk traveling ke Indonesia," jelasnya.

Pertanyaan-pertanyaan melalui email atau sosial media juga direspons secara cepat dan lengkap mengenai destinasi di Indonesia.

Belum lagi newsletter yang rajin di-update setiap bulan. Semua rajin dikirim ke media dan partner agents untuk update informasi apa saja yang baru dari Indonesia. Mulai dari destinasi, pembukaan airport, rute penerbangan, sistem transportasi, hotel, dan lain-lain.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik meningkatnya kunjungan wisman Prancis ke Indonesia. Ia mengatakan Prancis merupakan salah satu negara penyumbang wisatawan terbesar dari Eropa ke Indonesia. Bahkan ia menyatakan kunjungan wisman Prancis ke Indonesia telah mengalahkan Thailand.

"Bali punya magnet yang kuat bagi siapapun untuk menikmati segala keindahannya. Alam, budaya, kehidupan masyarakat, kuliner, dan suasana Bali selalu mengena di hati setiap orang yang berkunjung ke Bali, termasuk wisman Prancis. Jadi silakan ke Indonesia. Kami siap menyambut traveler Prancis dengan layanan kelas dunia," tutur Menpar Arief Yahya.

(Sumber: Kementerian Pariwisata)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

Pengenaan pajak wisata bagi WNA berlaku mulai 14 Februari 2024

Baca Selengkapnya
25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

25 Destinasi Terbaik Bulan Madu 2024 Versi Tripadvisor, Bali Nomor Satu Disebut Surga Indonesia bak Fantasi

Bali menempati posisi puncak sebagai destinasi terbaik untuk bulan madu

Baca Selengkapnya
Turis Asing di Bali Sampai Jalan Kaki, Menhub Kasih 3 Solusi Atasi Macet Ekstrem di Bandara

Turis Asing di Bali Sampai Jalan Kaki, Menhub Kasih 3 Solusi Atasi Macet Ekstrem di Bandara

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh beberapa pihak, termasuk Otoritas Bandara, Jasa Marga, Jasa Raharja, dan Angkasa Pura Indonesia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Tes Kemistri Nama Buah

BUNGKUS! Tes Kemistri Nama Buah

Seberapa dekat hubungan dengan temanmu, kira-kira mereka bisa jawab nggak nama buah-buahan ini?

Baca Selengkapnya