Google Street View Pekerjakan Domba di Pulau Faroe

Para domba dibiarkan hidup seperti biasanya. Namun bedanya, di tubuh hewan ini terlilit kamera untuk memantau situasi di Pulau Faroe.

Ratih Wulan
| 13 Juli 2016 19:10

Dream - Layanan Google Street View saat ini telah dapat digunakan untuk mengekplorasi bagian dalam , Istana Versailles di Perancis dan The Rookery Penguin di Adelie di Antartika. Dengan fasilitas ini, Anda dapat menikmati dua destinasi terkenal itu tanpa keluar dari rumah.

Meski sudah banyak lokasi bisa dipantau melalui fasilitas ini, Google tampaknya masih menolak menggunakan Kamera 360 derajat untuk memantau Kepulauan Faroe yang terpencil.

Tak pantang dengan kondisi itu, sebuah misi ibentuk untuk mengubah keadaan tersebut. Bukan dengan mobil yang biasa bergerak merekam kondisi sekitar, Google menyiapkan domba-domba untuk dipekerjakan.

 domba

Banyak penduduk bekerja di Pulau Faroe untuk membantu Google Street View dalam tugas raksasa tersebut. Mereka bertugas memasang kamera di tubuh domba dan mengunggahnya di Google.

Lima domba telah dilibatkan dalam proyek itu, namun baru satu domba yang telah dipasangi kamera dalam satu waktu tertentu. Domba akan dibiarkan menjelajah pulau. Sementara kamera tetap bekerja mengambil gambar setiap menit dan kemudian mengirimnya ke Google Street View.

 domba

Dulunya, Faroe memang lebih dikenal sebagai Pulau Domba, dimana jumlah domba di saat itu masih jauh lebih banyak dibanding manusia. Sebagai binatang yang lincah dan mahir dalam mendaki tebing, domba menjadi binatang yang paling tepat untuk mengkases lokasi pulau Faroe. Mereka dianggap cukup sempurna untuk mencapai tempat yang sulit dijangkau oleh manusia.

 domba

 

Cara kerjanya cukup mudah, dimana kamera berukuran ringan dipasang di belakang kepala domba bersamaan dengan handphone dan sebuah pengisi daya bertenaga surya. Melalui cara ini, mereka berharap dapat membawa pulau Faroe masuk ke dalam peta dunia.

(Sumber: Dailymail)

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Singal, Warisan Budaya Penghasil Rupiah - Berani Berubah

Jangan Lewatkan