Gua 7.500 Tahun Menyimpan Lukisan tentang Manusia Pengumpul Madu

Sejarah masa lalu kembali terungkap.

Ahmad Baiquni
| 17 Desember 2021 20:10

Dream - Di dalam jangkauan Pegunungan Sistem Iberia di timur laut Spanyol, para arkeolog telah menemukan lukisan gua berusia 7.500 tahun. lukisan ini menggambarkan manusia prasejarah sedang mengumpulkan madu dengan memanjat tangga tali untuk mencapai koloni lebah.

Lukisan ini dianggap sebagai gambar terbaik yang diawetkan dari jenisnya di samping seni cadas lain yang ditemukan di situs tersebut, yang dikenal sebagai Barranco Gómez. Tempat perlindungan batu Barranco Gómez ditemukan oleh penduduk terdekat pada tahun 2013.

“ Seni cadas adalah cara terbaik untuk melihat bahwa orang-orang prasejarah itu sama seperti kita, dan kita sama seperti mereka,” kata Bea. Dengan kata lain, manusia telah menyukai madu dan berusaha keras untuk menemukan dan mengumpulkan makanan yang bernilai selama ribuan tahun.

Meski sudah ditemukan sejak 2013, tetapi analisis lukisan itu baru diterbitkan tahun ini. Lukisan ini memberikan gambaran manusia yang bertransisi dari pemburu-pengumpul ke ekonomi pertanian dan penggembalaan.

Seorang peneliti dari Universitas Zaragoza yaitu Manuel Bea, mengautentikasi lukisan itu bersama rekannya Inés Domingo dan Jorge Angás. “ Kami memiliki foto yang sempurna,” jelasnya, yang memberikan wawasan tentang bagaimana praktik ini dilakukan, yaitu dengan memanjat tali.

Meski tidak ada yang tahu kapan pengumpulan madu pertama kali dimulai. Namun ada yang meyakini bahwa ini ada sebelum 2450 SM, ketika peternakan lebah pertama kali muncul dalam terjemahan hieroglif Mesir.

 

Selanjutnya :

Hadiah Suci

Topik Terkait :

Momen Romantis Pernikahan Ello dan Cindy Maria di Pinggir Pantai Berkonsep Garden Party

Jangan Lewatkan