Hasil Riset, 'Bleisure Travel' Bikin Karyawan Makin Produktif

Bleisure (business leisure) travel bisa menjadi kunci untuk mempertahankan pekerja milenial, yang sering dianggap kurang loyal secara profesional.

Puri Yuanita
| 24 Agustus 2017 14:33

Dream - Bisa melakukan perjalanan bisnis adalah keuntungan kerja yang sangat dihargai para karyawan saat ini. Riset yang dilakukan situs perjalanan Booking.com menghasilkan data bahwa sebanyak 30 persen dari karyawan akan rela menerima pekerjaan dengan gaji lebih rendah, namun jika pekerjaan itu memberi mereka kesempatan lebih banyak jalan-jalan.

Hasil riset tersebut juga membuktikan bahwa perjalanan bisnis bisa jadi hiburan yang membahagiakan para karyawan. Para karyawan cenderung akan menemukan pengalaman berharga secara pribadi maupun profesional dari perjalanan bisnis mereka.

Dan ini bisa memberikan energi positif bagi mereka. Sehingga pada akhirnya mereka bisa lebih produktif dan sukses dalam pekerjaan. Jadi dalam hal ini, perusahaan dan pegawai akan sama-sama untung.

Riset ini juga membuktikan bahwa bleisure (business leisure) travel bisa menjadi kunci untuk mempertahankan pekerja milenial, yang sering dianggap kurang loyal secara profesional. Milenial suka mengambil kesempatan ini.

Melakukan bleisure travel (perjalanan bisnis) sembari jalan-jalan menjadi kesenangan tersendiri bagi para milenial. Mungkin karena mereka jarang jalan-jalan lantaran memiliki keuangan yang terbatas untuk liburan, ditambah lagi belum berkeluarga.

Namun sayangnya, riset tersebut juga membuktikan bahwa para pelaku bisnis belum sepenuhnya menyadari potensi bleisure travel ini. Penelitian terbaru menemukan bahwa dua alasan utama pebisnis tidak memanfaatkan kesempatan untuk bleisure travel adalah karena mereka tidak punya cukup waktu, atau bahwa kebijakan perusahaan yang tidak mengizinkan.

Untuk menciptakan bleisure bagi kedua belah pihak, bisnis perlu membangun kebijakan transparan yang dapat memungkinkan karyawan untuk memanfaatkan perjalanan bisnis mereka semaksimal mungkin.

Jadi, untuk menciptakan tenaga kerja yang lebih produktif, alangkah baiknya perusahan-perusahaan mengkaji ulang kebijakan mereka mengenai bleisure travel. Setuju nggak Sahabat Dream Travel?

Topik Terkait :

Belum Selesai, Pembangunan MRT Fase 2 Baru Dimulai

Jangan Lewatkan