Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Heboh Kawanan Paus Sperma Raksasa Terdampar di Pantai Aceh

Heboh Kawanan Paus Sperma Raksasa Terdampar di Pantai Aceh (Foto: Instagram/@wwf_id)

Dream - Warga di sekitar kawasan Pantai Ujong Kareung, Aceh Besar mendadak heboh. Pasalnya, sebuah peristiwa mengejutkan terjadi di wilayah tempat tinggal mereka pada 13 November lalu.

Sekelompok Paus Sperma berukuran raksasa terdampar di Pantai Ujong Kareung dan tak pelak peristiwa tersebut langsung menyedot perhatian warga. Warga langsung berkumpul di lokasi kejadian.

Peristiwa tersebut pun diabadikan lewat foto dan video yang kemudian dibagikan oleh akun Instagram WWF-Indonesia. Dalam unggahannya, akun @wwf_id menjelaskan jika sekelompok Paus Sperma tersebut terdampar di Pantai Ujong Kaerung, Aceh Besar pada 13 November 2017.

wwf

Usai peristiwa, tim WWF-Indonesia pun langsung menuju ke tempat kejadian setelah menerima laporan warga. "Kami mengerahkan tim dari kantor Aceh untuk membantu memberikan informasi awal dan kondisi tentang kejadian, serta mempersiapkan tim penyelamat pada Senin pagi," tulis akun @wwf-id.

Mereka pun menjelaskan jika upaya pengembalian 10 ekor Paus Sperma yang terdampar itu sudah dilakukan dengan sangat hati-hati dan dikomandoi oleh para ahli.

"Berkat respon cepat dari pemerintahan daerah, lima individu Paus berhasil dikembalikan ke laut lepas dengan menggunakan kapal penarik pada tengah malam waktu setempat. Keberhasilan ini diikuti dengan dikembalikannya dua Paus lain ke laut pada waktu Subuh," tulis WWF-Indonesia.

wwf

wwf

 

 

 

Diduga Akibat Gempa di Dalam Laut

Sayangnya, menurut informasi terakhir diketahui bahwa tiga ekor Paus lain yang masih terdampar di bibir pantai telah mati.

Dan tidak lama setelah itu, salah satu Paus yang sebelumnya berhasil diselamatkan kembali ke bibir pantai lalu menghembuskan napas terakhirnya. Total Paus yang mati menjadi empat ekor.

Pihak WWF-Indonesia pun mengungkapkan jika mereka telah berkoordinasi dengan dokter hewan untuk melakukan nekropsi terhadap empat ekor paus yang mati. "Kami juga masih memantau enam individu yang berhasil selamat menggunakan drone," tulis mereka.

Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab terdamparnya para Paus tersebut. Namun diduga akibat terjadinya gempa yang berasal dari kedalaman laut. 

 

[13/11] Sekelompok Sperm Whale (Physeter macrocephalus) terdampar dipantai Ujong Kareung, Aceh Besar. Kondisi terkini kelompok paus ini belum berhasil dikembalikan ke habitatnya. Diduga gempa yang berasal dari kedalaman laut adalah penyebab utama kelompok paus ini terdampar. Sampai saat ini sudah ditangani oleh Tim dari PSDKP, FKH UNSYIAH, Basarnas, WWF Indonesia, dan Panglima LAOT.

A post shared by WWF-Indonesia (@wwf_id) on

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
KAI Beber Asal Mula Muncul Tenda dan Panggung Hajatan Warga di Rel Kereta Api Tanjung Priok

KAI Beber Asal Mula Muncul Tenda dan Panggung Hajatan Warga di Rel Kereta Api Tanjung Priok

Penjelasan KAI soal hajatan di tengah rel KA Tanjung Priok.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.