Heboh Tugu Kuntilanak di Pontianak, Sampai Disorot Media Asing

Patung ini digambarkan bakal memiliki rambut hitam, bermata cekung, dengan baju putih berlumuran darah.

Puri Yuanita
| 17 Mei 2017 16:15

Dream - Kabar mengenai rencana pembangunan tugu kuntilanak sebagai landmark Kota Pontianak santer terdengar beberapa waktu belakangan. Publik pun heboh, pro-kontra pendapat bermunculan.

Ide pembuatan tugu berwujud kuntilanak tersebut awalnya tercetus dari Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat (Kalbar), Kartius. Ia menganggap, sosok hantu perempuan berambut panjang itu layak jadi salah satu landmark di ibukota Kalbar.

Kartius pun menggagas rencana pendirian sebuah menara kuntilanak setinggi 100 meter. Menurutnya, menara itu akan membantu wisatawan yang ingin melihat Kota Pontianak dari ketinggian.

" Jadi wisatawan bisa melihat Kota Pontianak dari atas, tidak perlu keliling-keliling," katanya, dikutip dari Kalbar Prokal.co, Rabu 17 Mei 2017.

kuntilanak

Demi mewujudkan gagasannya itu, Kartius akan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Pontianak, Kota Singkawang, Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah.

Ide ini pun kemudian menuai beragam komentar dari sejumlah pihak. Bahkan, Walikota Pontianak, Sutarmidji pun ikut mengomentari wacana tersebut lewat akun Facebooknya.

" Ada yg ingin bangun patung KUNTILANAK, saya tetus terang aja dari dulu mikir nih, gimana modelnya ya, soalnya saya belum pernah ketemu.
terus kalau dibuat lalu ada yg mirip dengan patung yg dibuat kan bisa marah dia nya atau kuntilanak malah protes nantinya.....
Ayo ada yg punya ide atau pandangan tentang wacana dinas Disporapariwisata propinsi yg ingin buat patung Kuntilanak...atau ada yg pernah liat atau punya gambaran Kuntilanak, tapi kalau yg merasa mirip jangan koment disini ye........ .he he he," demikian ditulis Sutarmidji dalam postingan Facebooknya.

Menariknya, tak hanya menuai banyak komentar dari masyarakat di tanah air, wacana pembuatan tugu kuntilanak ini pun sampai menarik perhatian media asing, Daily Mail.

Dalam sebuah artikelnya, Daily Mail membahas tentang wacana pembuatan patung kuntilanak setinggi 100 meter yang rencananya bakal dibangun di tepian Sungai Kapuas dekat dengan Jembatan Kapuas.

Patung ini digambarkan bakal memiliki rambut hitam, bermata cekung, dengan baju putih berlumuran darah.

Meski mendapat banyak tanggapan negatif, Kartius tetap teguh pada idenya membangun tugu kuntilanak. Dia berharap, tugu ini nantinya bakal menjadi ikon yang populer dan bisa menarik banyak wisatawan datang ke Pontianak.

(Berbagai sumber)

 

Topik Terkait :

Pengakuan Bastian Steel Soal 'Ditembak' Chelsea Islan

Jangan Lewatkan