Hobi Memotret Toilet, Pria Jepang Mendadak Tenar

Nakamura mengelilingi Negeri Sakura untuk menemukan toilet umum paling aneh di negara itu.

Dwifantya
| 22 April 2018 12:12

Dream - Sebagian besar orang tidak pernah secara khusus mengunjungi toilet umum, kecuali ketika benar-benar perlu. Tapi tidak begitu dengan Hidefumi Nakamura.

Fotografer asal Jepang ini melakukan perjalanan panjang mengelilingi Negeri Sakura untuk menemukan toilet umum paling aneh di negara itu. Setiap menemuka toilet umum yang aneh dia akan mengabadikannya dalam jepretan kamera dan mengunggah ke akun Instagramnya yang belakangan semakin populer, @toilets_a_go_go.

Dia memotret mulai dari bangunan toilet bergaya kastil, fasad modern hingga bangunan berubin yang dikelilingi oleh bunga sakura. Foto-foto Nakamura diakui sebagai bidikan yang memukau dari toilet-toilet yang istimewa ini.

 Toilet umum Jepang

" Saya tertarik dengan Jepang karena ada berbagai toilet yang dirancang unik," Nakamura seperti dikutip dari CNN Travel, Minggu 22 April 2018.

Desain yang unik

Nakamura mulai mendokumentasikan toilet cantik ketika ia membuat akun Instagram pada Januari 2017. " Saya menginginkan sebuah tema ketika saya memulai Instagram," kata dia.

Sebelum secara aktif mencari bentuk toilet yang tidak biasa ini, Nakamura selalu menemukan toilet Jepang yang agak aneh. " Dulu saya berpikir bahwa desainnya tidak bagus," katanya.

 Toilet umum Jepang

Tapi begitu dia mulai memotret toilet-toilet itu, dia menemukan bahwa kebiasaan individualnya semakin menarik, dan karena itulah akunnya lahir.

Dia mengaku tidak tahu mengapa Jepang memiliki desain toilet yang beragam. " Mungkin karena para arsitek di sini dapat melakukannya dengan bebas," ucapnya.

 Toilet umum Jepang

Foto-foto Nakamura menangkap arsitektur unik dari setiap toilet dan memberikan rasa dari setiap lokasi. Dalam keterangan fotonya, ia menambahkan detail tentang lingkungan toilet dan fitur-fitur khas.

Satu blok toilet di Itabashi, Tokyo, menurut Nakamura, mudah diingat karena dinding Namako-nya --desain dinding Jepang yang dibatasi oleh desain ubinnya.

Ada juga beberapa toilet bertema mata, bertema dongeng di taman Jepang, dari desain bertema kastil di Suginami hingga blok yang menyerupai batang pohon di BunkyĆ…¨, Tokyo.

 Toilet umum Jepang

Di Mizutanibashi Park, Tokyo, terdapat toilet umum megah yang lebih mirip balai kota daripada WC. Sedangkan di Stasiun Oku di Tokyo, toilet disembunyikan dengan huruf alfabet yang menyebutkan nama stasiun.

 Toilet umum Jepang

Ada banyak sekali desain aneh yang bisa dipilih, tetapi favorit Nakamura lebih halus. Dia memilih blok di sudut jalan, menggambarkannya sebagai " tua, tapi itu toilet yang indah!"

Toilet unik kadang-kadang bisa menjadi tujuan wisata. Pada 2016, Lonely Planet menerbitkan panduan ke toilet terbaik di dunia di " Toilet: A Spotter's Guide" - dari " toilet panoramik" di sebuah biara Buddha Tibet ke sebuah gubuk yang terletak di tepi Gunung Kilimanjaro.

Sementara itu di London, mengubah toilet umum lama menjadi restoran, rumah dan bar adalah tren yang sedang berkembang. Di Tiongkok, para pejabat meluncurkan revolusi toilet pada November 2017 - yang ditujukan untuk meningkatkan fasilitas toilet di seluruh negeri.

 Toilet umum Jepang

Meskipun ada kepentingan internasional, Nakamura mengatakan dia tidak tertarik untuk memotret toilet di seluruh dunia. Dia akan tetap di Jepang untuk saat ini.

" Saya suka keragaman toilet Jepang!" katanya.

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen

Jangan Lewatkan