Hore! Stasiun Garut Beroperasi Juni 2021 Setelah 30 Tahun Mati

Stasiun ini nantinya akan melayani rute kereta Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya.

Ahmad Baiquni
| 27 April 2021 11:24

Dream - Kabar gembira bagi masyarakat Garut. Setelah mati 30 tahun lamanya, Stasiun Garut akan kembali beroperasi pada Juni 2021.

Kabar ini disampaikan Bupati Garut, Rudy Gunawan. Saat ini, Stasiun Garut dalam tahap akhir renovasi.

" Juni ini pasti Juni ini sudah selesai. Coba lihat ini keadaan stasiun kereta api kita sangat megah sekali sesuai dengan target," ujar Rudy, dikutip dari Merdeka.com.

Rudy berharap nantinya stasiun ini dapat diresmikan Presiden Joko Widodo. Untuk itu, dia segera berkoordinasi dengan Dirut PT KAI dan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub.

" Diharapkan Bapak Presiden bisa meresmikan tempat ini karena kita sedang membicarakan tentang ada satu gerbong kereta wisata dari Jakarta," ucap dia.

Selanjutnya, Rudy menjelaskan setelah jalur Cibatu-Garut diresmikan, relasi kereta tidak hanya dari Stasiun Cibatu-Garut saja. Nantinya Stasiun Garut juga melayani rute dari dan ke Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan kota-kota lain.

Soal waktu keberangkatan, Rudy mengaku masih melakukan negosiasi dengan PT KAI. Untuk sementara, Stasiun Garut baru melayani keberangkatan menuju Bandung.

" Jadi sekarang yang kami dapatkan waktunya adalah dari Garut dulu jam 4.30 pagi menuju ke Bandung, untuk menarik mereka-mereka yang bekerja di Bandung," kata dia.

Untuk keretanya, Rudy mengatakan bukan kereta biasa namun kereta cepat. Dengan kereta ini, waktu perjalanan dari Stasiun Cibatu menuju Stasiun Garut dapat ditempuh dalam 20 menit.

" Insya Allah besok (Selasa) kita ketemu dengan Pak Dirjen, untuk memastikan tentang izin operasionalnya," kata Rudy.

Sementara untuk fasilitas penunjang, stasiun ini akan dilengkapi dengan trotoar yang cantik. Rudy mengaku pihaknya telah melakukan pembersihan lahan di area Jalan Bank dan Jalan Veteran yang akan menjadi lokasi trotoar.

" Ini (nanti) dibuatkan trotoar baguslah, supaya nanti karena insya Allah kami akan mengundang Bapak Presiden di (bulan) Juni nanti, kalau situasi kondisi memungkinkan," kata dia.

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan