Ingin Tahu Toilet Umum Terindah di Eropa? Datang Saja ke Sini

Toilet ini bahkan lebih layak disebut sebagai galeri seni.

Cynthia Amanda Male
| 30 Desember 2018 11:11

Dream - Eropa menyimpan pesona bangunan klasik yang begitu indah. Berdiri selama ratusan tahun dipadu arsitektur menawan, berderet bangunan tersebut mampu menyihir setiap mata yang melihatnya.

Tidak terkecuali di Malta. Negara kepulauan yang terletak di selatan Eropa tidak hanya memiliki bangunan mempesona namun toilet terindah di dunia.

Majalah yang diterbitkan maskapai Easyjet, Traveller, menobatkan toilet yang lokasi tepatnya di Valletta Strait Street ini sebagai toilet umum terbaik di Eropa.

" Tempat itu bukan sekedar toilet, tapi juga memiliki pesona teatrikal," demikian laporan Traveller.

 toilet di Malta

Dikutip dari Lovinmalta.com, kenyamanan merupakan faktor yang sangat diperhatikan di Malta. Wajar saja jika otoritas setempat memoles toilet umum dengan tampilan sungguh menawan.

Toilet artistik ini sempat direnovasi pada 2010 oleh Arsitek dan Desainer, Chriss Biffa. Instalasi yang diterapkan terinspirasi dari pelukis Norbert Attard.

Banyak orang rela berlama-lama berada di dalam toilet umum ini. Mereka tidak berhenti mengagumi toilet yang sebenarnya lebih layak disebut sebagai galeri seni.

Masuk ke dalam toilet serasa sedang berada di Strait Street malam hari. Suasana yang ada menggambarkan indahnya malam di salah satu jalan utama Malta tempo dulu.

 toilet di Malta

Nuansa kemerahan yang menyatu dengan dinding abu-abunya mampu menghadirkan suasana seperti di Moulin Rouge Paris, Prancis.

Ketika memasuki toilet ini, pengunjung akan melewati tulisan 'I love Tracey Emin'. Lalu, sayup-sayup terdengar alunan musik.

Tetapi, ada yang membuat tempat ini menjadi lebih spesial. Pengunjung akan disapa oleh penjaga berpenampilan elegan dengan tuxedo dan dasi kupu-kupu saat meninggalkan toilet.

Topik Terkait :

Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim

Jangan Lewatkan