Ini Alasan Rendang Jadi Ikon Kuliner Indonesia

Rendang telah dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia.

Cynthia Amanda Male
| 10 Mei 2018 07:49

Dream - Jangan heran jika Rendang menjadi kudapan utama yang membawa Indonesia dikenal dunia. Kelezatan rendang telah diakui dunia, bahkan telah dinobatkan sebagai makanan terenak nomor 1 di dunia versi CNN.

Selain rendang, Kementerian Pariwisata tengah mengusung kuliner khas negeri lewat hidangan utama seperti Nasi Goreng, Sate, Soto dan Gado-Gado.

“ Kelima kudapan tersebut, terutama Rendang, dianggap sebagai pionir utama yang bisa memicu 5340 resep lainnya untuk bisa dikenal di mata dunia,” kata Kepala Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata, Vita Datau Mesakkh di Paradigma Kafe, Jakarta, Rabu 9 Mei 2018.

Rendang menjadi kudapan utama karena memiliki produk, proses dan filosofi yang menarik. Nasi Goreng menjadi ikon yang menandakan bahwa Indonesia kaya akan bumbu dan sangat kental dengan kebiasaan makan nasi.

" Dari segi produk, Rendang mengandung protein. Ada proses pembuatannya, marandang. Jadi bisa didaftarkan ke UNESCO. Bahan-bahannya, daging, cabe, kelapa dan bumbu dapur juga punya filosofi," jelasnya.

Sate merupakan kudapan jalanan yang mirip dengan steak dan sangat digemari dengan penyajian bumbu kacangnya. Sedangkan Gado-Gado dianggap mirip dengan salad, sehingga mudah diterima lidah orang asing.

" Tapi, banyak yang alergi kacang. Jadi, tidak terlalu ditonjolkan," imbuhnya.

Vita mengatakan, kekayaan kuliner merupakan salah satu cara untuk mengangkat sebuah tempat maupun negara, disamping meningkatkan fasilitas dan keindahan alam.

" Ada tiga cara membangun sebuah tempat. Aksesnya mudah, amenitas (fasilitas) yang layak dan atraksi. Kuliner termasuk tergolong sebagai atraksi," ujarnya.

Topik Terkait :

4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian

Jangan Lewatkan