Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ini Dia 8 Traveler Paling Fenomenal Sepanjang Sejarah

Ini Dia 8 Traveler Paling Fenomenal Sepanjang Sejarah Traveler-traveler Paling Fenomenal (Foto: Kitabisa.com/Golem13)

Dream - Traveling adalah aktivitas menyenangkan yang tentunya diminati setiap orang di seluruh dunia. Termasuk kamu kan pastinya?

Menjelajahi banyak tempat di berbagai belahan dunia, bertemu orang-orang baru dengan latar belakang budaya berbeda, hingga merasakan beragam pengalaman menakjubkan selama perjalanan, itulah sederet keuntungan yang bisa dirasakan para traveler.

Tapi tampaknya, tak semua orang berani mengambil keputusan untuk menjadi seorang traveler sejati. Hanya segelintir orang saja yang berani mewujudkan hasrat travelingnya dalam cara berbeda.

Seperti beberapa traveler berikut ini yang mengukir sejarahnya sendiri lewat kisah-kisah perjalanan mereka yang fenomenal. Kini, nama dan cerita traveling mereka pun dikenal dunia sampai sekarang. Siapa saja mereka? Yuk simak ulasannya:

1. Ibnu Battuta

Siapa tak tahu Ibnu Battuta? Namanya begitu terkenal sebagai penjelajah muslim terbesar asal Maroko yang hidup pada rentang tahun 1304-1369. Pada usia 20 tahun, ia sudah memulai perjalanan haji ke Mekah dengan mengendarai binatang sekadarnya.

Tak sampai di situ saja, Ibnu Battuta kemudian melanjutkan perjalanan sejauh 120.000 km (44 negara). Bahkan kabarnya, ia juga pernah mampir di Aceh lho. Tepatnya, di Samudera Pasai. Selain penjelajah, Ibnu Battuta juga dikenal sebagai seorang ilmuwan muslim.

traveler

2. Christopher Columbus

Navigator asal Italia ini juga salah satu penjelajah dunia yang paling fenomenal sepanjang sejarah. Ia melintasi Samudera Atlantik demi, menjelajah benua Asia, hingga akhirnya menjejakkan kaki di Amerika.

traveler

3. Marco Polo

Penjelajah asal Italia ini terkenal lantaran perjalanannya dari Eropa hingga ke Asia. Marco Polo adalah salah satu penjelajah paling berpengaruh dalam sejarah. Ia pun terkenal dengan penjelajahannya menyusuri jalan sutera.

traveler

4. Kira Salak

Perempuan satu ini tak kalah fenomenal. Dijuluki "real-life Lara Coft", Kira Salak adalah perempuan pertama yang melakukan perjalanan menjelajahi Papua Nugini. Perempuan Amerika yang kini berusia 46 tahun ini juga menjadi perempuan pertama yang menjelajahi Sungai Niger Barat (Afrika) sejauh 600 mil hanya dengan perahu kecil sendirian.

traveler

5. Reid Stowe

Traveler satu ini pun dikenal dengan kisah perjalanannya yang fenomenal. Pria ini bahkan pernah disebut penjelajah "gila". Karena, pernah melakukan perjalanan laut selama 1.152 hari dengan kapal Norwegia pada tahun 1890-an silam.

traveler

6. Cassandra De Pecol

Gadis cantik asal Amerika Serikat ini mendadak terkenal pada 2015 silam karena menjadi perempuan termuda dan pertama yang berhasil mengunjungi seluruh negara di dunia. Ia pun memecahkan rekor sebagai traveler tercepat yang berhasil mengunjungi 196 negara di planet ini.

traveler

7. Aron Ralston

Taveler yang hobi melakukan pendakian ini terkenal dengan kisah perjalanannya yang fenomenal dan mencengangkan. Ia pernah terjepit di celah batu selama 127 jam saat melakukan pendakian di pegunungan Bluejohn Canyon.

Kisahnya pun berakhir mengerikan, karena Aron terpaksa mengamputasi tangannya demi bisa keluar dari himpitan batu. Hebatnya, Aron masih bisa bertahan hidup dan kisahnya pun dikenang banyak orang sampai sekarang. Kisah nyata Aron Ralston ini pun sampai diangkat menjadi sebuah film dengan judul "127 Hours".

traveler

8. Mochammad Khamim Setiawan

Kisah traveler satu ini pun benar-benar fenomenal, dan membuat banyak orang salut. Pemuda Indonesia bernama Mochammad Khamim Setiawan ini membuat publik heboh beberapa waktu lalu lantaran keberhasilannya melakukan perjalanan haji dengan jalan kaki dari Pekalongan menuju Mekah.

Khamim melakukan perjalanan selama kurang lebih selama 1 tahun dengan jalan kaki demi bisa naik haji. Ia menempuh jarak sekitar 9 ribu kilometer melintasi banyak negara, sebelum akhirnya berhasil tiba di Mekah pada Juli 2017 lalu.

traveler

(Berbagai sumber)

 

Kisah Traveler Mualaf Keliling 60 Negara

Dream - Melihat bule ganteng ini, siapa sangka jika ia adalah seorang mualaf yang kini tinggal di Indonesia. Lelaki itu bernama Michael Ruppert. Tak hanya kisahhijrahnya menjadi seorang mualaf yang menarik untuk disimak, tetapi juga ceritaperjalanannya sebagai seorang traveler yang sudah mengunjungi 60 negara.

Empat tahun lalu Michael memutuskan untuk meninggalkan rumahnya dan mewujudkan mimpinya berkeliling dunia. Di antara negara-negara yang sudah dikunjungi adalah Turki, Indonesia, Albania, dan Malaysia.

Ia pun berbagi perjalanan dengan keluarga, teman-teman serta para followers-nya di media sosial dengan mengirimkan mereka kartu pos. Hal ini pula yang membuatnya populer di sosial media.

Michael adalah seorang keturunan Belanda-Belgia dan di usianya yang menginjak 29 tahun kini ia telah mengunjungi 60 negara hanya dalam waktu 4 tahun. Menariknya, di tengah perjalanan berkeliling dunia, ia menemukan Islam.

Saat memulai perjalanannya, ia bukanlah seorang muslim. Namun ketika singgah di Indonesia dan Malaysia Michael banyak berinteraksi dengan masyarakat muslim. Banyak waktu dihabiskan di dua negara itu bersama keluarga angkat yang ia jumpai saat perjalanan ke berbagai kota.

Michael mengaku, kerap menyaksikan keluarga angkatnya melakukan kebiasaan-kebiasaan yang unik, seperti sholat dan membaca Alquran. Keunikan itu ditambah dengan kehangatan dan keramahan keluarga muslim, membuatnya penasaran terhadap Islam.

" Setelah tinggal dengan banyak keluarga muslim di Malaysia dan Indonesia, saya penasaran dan memiliki banyak pertanyaan seperti: apa yang mereka baca dalam Quran? Apa yang mereka lakukan di masjid? Apa yang mereka rayakan ketika libur? Rasa ingin tahu itu membawa saya menuju Islam," kata Michael dikutip dari Mvslim.com.

Dan akhirnya, tahun lalu bule Belanda itu mengucap syahadat di Masjid Sunda Kelapa Jakarta. Setelah menjadi muslim, Michael komit untuk mempelajari Islam lebih dalam. Namun di sisi lain, ia tetap akan melanjutkan hobi travelingnya.

Kini, Michael singgah sementara dan menjalani Ramadan di Indonesia. Ini merupakan Ramadan pertama baginya sebagai seorang muslim. Meski berpuasa, tak mematahkan semangatnya untuk melakukan perjalanan. Dalam waktu dekat rencananya, Michael akan mulai traveling keliling Indonesia.

Kisah Tragis 5 Traveler yang Meregang Nyawa Dalam Pendakian

Dream - Mendaki gunung adalah aktivitas yang mengasyikkan. Terutama bagi mereka yang hobi bertualang dan menyukai tantangan.

Ada banyak hikmah dan pengalaman yang bisa dipetik dari perjalanan mendaki gunung. Tak sekadar menikmati alam, lewat pendakian para traveler bisa belajar menempa diri sekaligus melatih kekompakan antarsesama pendaki.

Namun tak bisa dipungkiri, aktivitas mendaki gunung memiliki risiko tinggi. Sehingga menuntut para pendaki untuk memiliki kondisi fisik yang kuat dan prima agar mampu menghadapi berbagai hal tak terduga yang dijumpai selama perjalanan.

Aktivitas pendakian juga memerlukan persiapan yang baik dan matang. Jangan sampai, karena kurangnya persiapan dan perencanaan matang, para pendaki pada akhirnya menemui masalah fatal.

Seperti beberapa traveler berikut yang mengalami nasib nahas saat mendaki gunung sampai akhirnya meregang nyawa. Siapa saja mereka? Mari simak kisahnya!

1. Muhammad Ridwan

Berita seputar meninggalnya traveler asal Surabaya bernama Muhammad Ridwan ini masih hangat di telinga. Pemuda 25 tahun itu melakukan pendakian ke Gunung Semeru pada 12 September 2017 lalu. Tak disangka, nasib nahas menimpa Ridwan.

Ia meninggal dunia lantaran mengalami kecelakaan fatal saat hendak turun dari Puncak Mahameru di tanggal 13 September. Almarhum meninggal akibat tertimpa longsoran bebatuan dari puncak gunung. Ia sempat dievakuasi oleh tim penyelamat, namun sayang nyawanya tak tertolong.

2. Sularno

Sularno, pendaki tunawicara asal Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah pun harus meregang nyawa saat pendakian lantaran terserang hipotermia. Jenazah Sularno ditemukan oleh tim SAR di puncak Gunung Lawu, pada 22 Agustus 2017 lalu.

Sebelum ditemukan meninggal, almarhum meminta izin pada keluarganya untuk mendaki Gunung Lawu selama 7 hari. Sularno sendiri diketahui sudah sering mendaki Gunung Lawu, namun nahas di pendakiannya kali ini ia harus kehilangan nyawa.

3. Anthina Sumartina Isvandri

Nasib malang juga dialami seorang pendaki wanita asal Jakarta bernama Anthina. Almarhum tewas akibat tertimpa batu saat mendaki Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur pada Mei 2017 lalu.

Teman almarhumah menceritakan, sebuah batu besar seukuran setengah badan manusia tiba-tiba jatuh dari puncak dan menimpa korban. Setelah kejadian, Anthina sempat dievakuasi dan dibawa ke basecamp Kalimati. Namun nyawanya tidak tertolong.

4. Sahat M Pasaribu

Seorang pendaki asal Depok bernama Sahat M Pasaribu meninggal dunia saat hendak menaklukkan Gunung Semeru, pada 8 Oktober 2016 silam. Sahat dilaporkan meninggal dunia saat berupaya naik ke Puncak Mahameru.

Ia meninggal lantaran mengalami gangguan kesehatan. Kondisi Sahat lemas hingga tak mau makan sampai akhirnya nyawanya tidak bisa lagi diselamatkan.

5. Ika Suseta Adelia

Nasib nahas juga dialami Ika Suseta Adelia. Pendaki perempuan berusia 26 tahun ini harus meregang nyawa saat melakukan pendakian ke Gunung Rinjani. Almarhumah Ika ditemukan tewas mengambang di Pemandian Aik Kalak (pemandian air panas) pada Minggu, 8 Mei 2016 silam.

Saat itu, diketahui Ike dan 4 pendaki wanita lainnya sedang berendam di Pemandian Aik Kalak, Danau Segara Anak. Namun, tiba-tiba Ike dan 4 rekannya merasa ada sesuatu yang menarik mereka ke dalam air. Keempat rekan Ika berhasil keluar dari air, namun almarhumah menghilang.

Rekan-rekannya sudah mencoba mencari, namun tak juga berhasil menemukan Ika. Sampai akhirnya mereka melaporkan kejadian tersebut ke Pos Sembalun. Pada Selasa, 10 Mei 2016 barulah jenazah Ika berhasil dievakuasi oleh tim SAR.

Semoga kejadian yang dialami oleh 5 traveler ini menjadi pelajaran bagi kita agar tetap berhati-hati saat melakukan pendakian dan tetap waspada serta penuh pertimbangan dalam mengambil tindakan.

(Berbagai sumber)

Kisah Cinta Traveler Beda Negara Ini Dijamin Bikin 'Baper'!

Dream - Sahabat Dream Travel masih ingat Michael Ruppert? Seorang traveler mualaf keturunan Belanda-Belgia yang sudah mengunjungi 60 negara. Dream travel pernah mengulas tentang bule ganteng satu ini, mengenai perjalanannya berkeliling dunia hingga kisah hijrahnya hingga memeluk Islam.

Nah, bagaimana kabar terbaru Michael ya? Ternyata Michael sudah menikah lho sekarang, dan sang istri rupanya adalah orang Indonesia. Perempuan cantik yang menjadi tambatan hati Michael itu bernama Adin Lubis. Adin memiliki hobi yang sama dengan Michael, yakni traveling. Perempuan asal Medan itu bahkan juga dikenal sebagai travel vlogger.

michael

Kisah pertemuan Michael dan Adin hingga mereka menikah menarik banget lho untuk dikulik. Seperti apa? Disimak yuk.

Michael pertama kali bertemu dengan Adin saat ia sedang melakukan perjalanan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Kala itu, Michael berencana menghabiskan Ramadan di Indonesia.

" Saya pikir akan menyenangkan untuk menghabiskan Ramadan dengan muslim lokal," kata Michael dilansir dari World of Buzz.

michael

Michael pun mencari informasi lewat media sosial mengenai seseorang yang kira-kira bisa memandunya saat berada di Indonesia.

" Setelah mencari di media sosial, saya menemukan Adin dan menulis pesan kepadanya. Anehnya, ia segera mengundang saya untuk tinggal selama 3 hari bersama keluarganya di Medan, Indonesia, selama Ramadan," tutur Michael.

" Bahkan, saya tidak hanya tinggal 3 hari, tapi kenyataannya selama 3 minggu. Dari situlah semuanya dimulai," ujar Michael.

michael

Seiring waktu, benih-benih cinta rupanya mulai tumbuh di antara Michael dan Adin. Mereka pun mulai menjalin hubungan serius.

" Saya mencintainya karena dia Adin dan dia mencintai saya karena saya Michael. Kebangsaan kita, warna kulit kita, dan tempat kita tumbuh tidak ada hubungannya dengan itu," kata Michael.

Michael mengaku, sebagai traveler yang sudah mengunjungi lebih dari 60 negara, ia tidak pernah menginap di hotel. Dia terbiasa tinggal di rumah-rumah warga setempat yang kebanyakan beragama Islam.

" Sebagian besar keluarga angkat saya di Indonesia dan Malaysia adalah keluarga muslim. Mereka tidak pernah meminta saya untuk masuk Islam, tetapi mereka hanya menunjukkan bagaimana cara hidup mereka," cerita Michael.

michael

" Begitulah cara mereka memicu dan mengilhami saya untuk belajar lebih banyak tentang Islam, dan saya juga belajar tentang Islam di masjid-masjid lokal di Kuala Lumpur dan Jakarta," katanya melanjutkan cerita.

" Setelah beberapa minggu berdiskusi, membaca Alquran dan berlatih berbagai macam doa, aku tahu bahwa masuk Islam merupakan hal yang tepat dilakukan dalam hidup saya," ujar Michael.

Pria tampan itu pun akhirnya resmi memeluk Islam dan menikahi Adin. Diketahui dari akun Instagram keduanya, pasca menikah Michael dan Adin tinggal dan bekerja di Belgia. Adin diketahui mulai menjajal profesi sebagai jurnalis lepas di sana.

michael

Setelah menikah, keduanya pun tetap hobi melakukan traveling. Bedanya, kali ini mereka tak lagi melakukan traveling ke berbagai negara seorang diri, melainkan berdua. Hmmm... romantis ya?

Diketahui, belakangan Michael dan Adin sedang melakukan perjalanan ke Polandia. Kamu bisa mengikuti keseruan perjalanan dari pasangan romantis ini lewat akun Instagram atau Youtube mereka. Eiittsss... tapi jangan baper ya!

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Netizen +62 Bagikan Pengalaman Traveling ke India, Melongo Saat Menonton Fenomena Ini

Netizen +62 Bagikan Pengalaman Traveling ke India, Melongo Saat Menonton Fenomena Ini

Traveler terkejut saat melihat banyak sapi di jalan, mendadak berasa jadi artis, hingga banyak pedagang bisa bahasa Indonesia.

Baca Selengkapnya
Ini Tujuh Fenomena Alam Menakjubkan yang Layak Masuk List Kunjungan Kamu!

Ini Tujuh Fenomena Alam Menakjubkan yang Layak Masuk List Kunjungan Kamu!

Tujuh fenomena alam yang menakjubkan ini tidak boleh dilewatkan. Yuk, simak baik-baik!

Baca Selengkapnya
Viral Turis Malaysia Beri Skor Jelek Traveling di Jakarta, Giliran Netizen Indonesia Review Kunjungan ke Negeri Jiran, Balasannya Makjleb!

Viral Turis Malaysia Beri Skor Jelek Traveling di Jakarta, Giliran Netizen Indonesia Review Kunjungan ke Negeri Jiran, Balasannya Makjleb!

Viral netizen Indonesia ceritakan pengalaman traveling ke Malaysia.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
9 Destinasi Liburan Terbaik di Asia, Wajib Masuk List untuk Nikmati Petualangan Baru

9 Destinasi Liburan Terbaik di Asia, Wajib Masuk List untuk Nikmati Petualangan Baru

Asia masih menjadi tujuan liburan yang populer bagi wisatawan dari seluruh dunia.

Baca Selengkapnya
Lagi Wisata Minta Difoto Bapaknya, Pas Lihat Hasil Potret Putrinya Auto Nangis Sambil Ngakak: 'Berasa Masuk National Geographic'

Lagi Wisata Minta Difoto Bapaknya, Pas Lihat Hasil Potret Putrinya Auto Nangis Sambil Ngakak: 'Berasa Masuk National Geographic'

Hasilnya benar-benar di luar nurul alias tidak terduga. Benar-benar bikin Khansa ketawa ngakak.

Baca Selengkapnya
4 Fakta Unik yang Bisa Ditemukan Saat Traveling di Uzbekistan

4 Fakta Unik yang Bisa Ditemukan Saat Traveling di Uzbekistan

Ada 4 hal yang identik dengan Uzbekistan. Mulai dari jenis kendaraan hingga layanan untuk turis.

Baca Selengkapnya
Anak Ini Sukses Jadi Artis, Hobi Olahraga dan Traveling, Kini Diisukan Dekat dengan Komedian Kondang

Anak Ini Sukses Jadi Artis, Hobi Olahraga dan Traveling, Kini Diisukan Dekat dengan Komedian Kondang

Anak ini berhasil menyedot perhatian karena selain memiliki paras cantik, ia juga jago berolahraga

Baca Selengkapnya
Jadi Travel Photography Enthusiast, Stuart Collin Bagikan Trik Favoritnya

Jadi Travel Photography Enthusiast, Stuart Collin Bagikan Trik Favoritnya

Ia menceritakan momen saat mendapatkan foto terbaik saat travel ke Turki.

Baca Selengkapnya
Viral Turis Malaysia Beri Skor 0 dari 10 Saat Traveling di Jakarta, Netizen Singgung Budget Liburannya

Viral Turis Malaysia Beri Skor 0 dari 10 Saat Traveling di Jakarta, Netizen Singgung Budget Liburannya

Turis wanita itu menilai Jakarta sebagai kota yang semrawut dan kotor.

Baca Selengkapnya