Ini Mengapa Kamu Dilarang ke Toilet Kabin Sebelum Lepas Landas

Kalau dilakukan, ternyata dampaknya bisa sangat berbahaya!

Puri Yuanita
| 15 Januari 2018 08:15

Dream - Jangan hiraukan anjuran untuk pergi ke toilet terlebih dahulu sebelum naik ke pesawat. Kalau tidak, nasibmu mungkin akan sama tidak beruntungnya seperti pria ini.

Seorang pria terpaksa diturunkan oleh maskapai Delta Air Lines ketika ia mencoba untuk pergi ke toilet sebelum pesawat lepas landas. Tampaknya masih banyak penumpang yang belum mengerti akan prosedur keamanan.

Pilot tidak diperbolehkan menjalankan pesawat apabila kabin toilet terisi oleh seseorang. Itu artinya, toilet merupakan area yang dilarang keras untuk dimasuki ketika hendak lepas landas.

Alasannya sederhana. Lepas landas merupakan momen paling kritis bagi setiap penerbangan. Penumpang dan kru kabin harus tetap berada di kursi pesawat dengan memakai sabuk pengaman.

Hal ini tentu berlaku juga pada saat fase mendarat. Bayangkan apabila roda pesawat mulai membentur aspal. Tentunya kamu tidak mau untuk terpelanting di dalam toilet, bukan? Ada banyak benda berujung lancip di dalam toilet yang membahayakan apabila seseorang terbentur mengenainya.

Pada beberapa kasus darurat, bahkan banyak penumpang yang terjebak akibat pintu toilet yang terkunci.

Alasan lain terkait kecelakaan pesawat adalah agar tim penyelidik mudah mengidentifikasi tubuh jenazah berdasarkan urutan bangku penumpang.

Kru pesawat menyebutkan bahwa waktu terbaik untuk menggunakan toilet adalah setelah pilot mematikan tanda untuk memasang sabuk pengaman serta sebelum pramugari berkeliling menjajakan makanan.

(Sumber: travelandleisure.com/Annisa Mutiara Asharini)

Topik Terkait :

Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal

Jangan Lewatkan