Ini Yang Terjadi Jika Pesawat Komersial Terbang Terlalu Tinggi

Salah satu pertanyaan besar yang hinggap di sebagian besar pikiran penumpang adalah: Apakah aman jika sebuah pesawat terbang terlalu tinggi?

Cynthia Amanda Male
| 30 Januari 2019 11:10

Dream - Naik pesawat adalah salah satu cara bepergian paling mudah dan cepat dibandingkan kendaraan darat atau laut.

Sayangnya, tidak semua orang berani naik pesawat. Entah karena takut ketinggian atau merasa ngeri dengan dampak kecelakaan pesawat.

Sebenarnya, pesawat terbang komersial sudah dirancang agar bisa dikendalikan dengan aman dan nyaman.

Namun, salah satu pertanyaan besar yang hinggap di sebagian besar pikiran penumpang adalah: Apakah aman jika sebuah pesawat terbang terlalu tinggi?

Ternyata, jawabannya tidak. Pesawat yang terbang terlalu tinggi dipastikan akan mengalami kecelakaan yang mematikan.

Hal ini pernah terjadi pada 14 Oktober 2004 ketika awak kabin Pinnacle Airlines 3701 melakukan penerbangan tanpa penumpang yang disebut dengan penerbangan reposisi.

Pilot Pinnacle Airlines 3701 seharusnya terbang di ketinggian 33.000 kaki. Namun, dia meminta ijin ke menara pengawas untuk naik di ketinggian 41.000 kaki.

Ketinggian tersebut sebenarnya tidak sesuai dengan kemampuan maksimal pesawat Pinnacle Airlines 3701 untuk bisa terbang dengan aman.

Akibatnya, kedua mesin pesawat tiba-tiba mati dan tidak bisa dihidupkan lagi. Akhirnya, pesawat tersebut jatuh dan hancur berkeping-keping.

Selanjutnya :

Kehilangan Daya Angkat

Topik Terkait :

Doa Ma'ruf Amin untuk Kesembuhan Ani Yudhoyono

Jangan Lewatkan