Ini Yang Terjadi Jika Pesawat Komersial Terbang Terlalu Tinggi

Salah satu pertanyaan besar yang hinggap di sebagian besar pikiran penumpang adalah: Apakah aman jika sebuah pesawat terbang terlalu tinggi?

Cynthia Amanda Male
| 30 Januari 2019 11:10

Kehilangan Daya Angkat

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat kemudian menetapkan 3 penyebab utama kecelakaan tersebut.

Pertama, pilot tidak bersikap profesional, menyimpang dari prosedur operasi standar, serta kemampuan yang buruk yang mengakibatkan keadaan darurat penerbangan - sebagian karena pelatihan yang tidak memadai.

Kedua, pilot gagal mempersiapkan pendaratan darurat secara tepat waktu, termasuk tidak segera berkomunikasi dengan menara pengawas soal mesin mati dan ketersediaan landasan pacu.

Pesawat Terbang

Ketiga, kegagalan pilot melakukan pemeriksaan dan manajemen mesin pesawat, yang mengakibatkan inti mesin berhenti berputar sehingga mesin menjadi macet.

Kecelakaan mematikan itu juga terjadi ketika tekanan suhu dan udara di ketinggian tertentu, yang disebut dengan density altitude, terlalu tinggi.

Jika suhu udara di ketinggian tertentu terlalu panas, beberapa jenis pesawat tidak bisa mendaki. Inilah yang membuat pesawat Pinnacle Airlines 3701 mengalami mesin mati hingga tidak bisa menyala lagi.

Akibatnya pesawat mengalami stall atau kehilangan daya angkat hingga jatuh dan hancur.

Sumber: Mentalfloss.com

Topik Terkait :

Leptospirosis Hantui 8 Provinsi

Jangan Lewatkan