Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Hotel Ramah Lingkungan Terbaik di Indonesia, Sudah Coba?

5 Hotel Ramah Lingkungan Terbaik di Indonesia, Sudah Coba? Shutterstock.com

DreamGlobal warming bukanlah suatu isu lingkungan yang main-main. Sejumlah es di kutub dan naiknya suhu bumi telah menjadi bukti konkrit keganasan dari global warming.

Tak hanya isu itu saja, haze pollution juga menjadi salah satu isu kritis yang harus diperhatikan. Tak hanya oleh pemerintah saja, semua elemen manusia harus dan wajib menjaga kelesterian lingkungan. Cara paling mudah yang bisa kalian terapkan yaitu mengikuti kampanye Earth Hour atau menjadi pribadi ramah lingkungan.

Ya, tentu saja sebagian dari kalian sudah mengenal Earth Hour. Hampir di setiap tahunnya bahkan di beberapa negara sudah mencanangkan program kampanye ini. Selain itu, kalian juga bisa menjadi seseorang yang ramah lingkungan dengan meminimalisir penggunaan barang-barang perusak lingkungan.

Kerenya lagi, kini beberapa hotel di negara khususnya Indonesia sudah ada yang terdaftar sebagai hotel ramah lingkungan loh Sahabat Dream. Alih-alih sepi, hotel-hotel ini justru dibanjiri pengunjung. Penasaran apa saja hotel yang ramah lingkungan? Yuk intip informasinya berikut ini.

Hotel Ramah Lingkungan: Soori Bali

Diapit area persawahan dan pantai membuat Soori Bali memiliki pemandangan alam yang begitu memukau mata. Hotel yang terletak di kawasan Tabanan Bali ini memiliki C3 Global EarthCheck Standard dalam katagori desain, perencanaan dan bangunan.

Hotel ini menggunakan rancangan desain dan bahan material yang tidak akan merusak lingkungan. Tak hanya itu saja, Soori Bali juga dikenal akan inisiatifnya mengajak warga setempat untuk bersama-sama menjaga kelestarian alam.

Menariknya, Soori Bali ini tidak menggunakan AC seperti hotel pada umumnya. Hotel ini lebih mengandalkan bantuan alam dan beragam ventilasi yang terpasang di setiap sudut ruangan. Alih-alih merasa gerah, di sini justru kalian akan merasakan sensasi sejuk akibat lingkungan yang bersih dan terawat di sekitar hotel.

Belum cukup sampai di situ, Soori Bali juga menggunakan peralatan mandi seefisien mungkin agar air tidak terbuang percuma. Bila menginap di sini, kalian bisa merasakan pengalaman luar biasa dalam menyelematkan bumi.

Hotel Ramah Lingkungan: Alila Solo

Bila dilihat dari luar, Hotel Alila Solo tampak sama seperti hotel pada umumnya yang terkesan modern. Namun akan berbeda cerita saat kalian menginjakkan kaki di sini. Pasalnya, Alila Solo merupakan salah satu hotel yang menerapkan konsep ramah lingkungan.

Bahkan, hotel yang berada di tengah kota ini telah mendapatkan sertifikat dari Bronze Benchmarked dan Earthchecked di 2017 lalu. Tak hanya itu, Hotel Alila Solo juga telah menerima sejumlah penghargaan nasional dalam upayanya menjaga kelestarian lingkungan alam sekitar.

Hal itu karena hotel ini menggunakan beberapa desain dan sistem yang dirancang khusus dengan konsep eco-friendly. Misalnya seperti merancang konstruksi bangunan yang sejuk agar bisa meminimalkan penggunaan AC. Tak hanya itu, sistem pencahayaan di Hotel Alila Solo ini juga tidak menggunakan tenaga listrik secara keseluruhan.

Menariknya lagi, hotel ini memberlakukan Sewage Treatment Plant yaitu sistem pengolahan limbah air secara maksimal. Limbah air ini nantinya akan digunakan kembali untuk menyiram sejumlah tanaman yang ada di sekitar hotel.

Hotel Ramah Lingkungan: Alila Villas Uluwatu

Alila Villas Uluwatu merupakan resor Indonesia pertama yang mendapatkan sertifikat dari Green Globe dalam kategori Environmentally Sustainable Design. Ya memang, Alila Villas Uluwatu bersama dengan semua hotel jaringan Alila menerapkan kosep Alila Zero Waste to Landfill.

Konsep tersebut memiliki makna berupa Alila akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengelola limbah agar tidak merusak lingkungan di sekitar hotel.

Sama seperi Alila Solo, limbah organik dari hotel ini nantinya akan dijadikan sebagai pupuk tanaman di kebun milik Alila. Dengan adanya pupuk organik tersebut, tak mengherankan bila sayur dan buah hasil dari kebun akan memiliki kualitas yang terbaik. Untuk rancangan bangunan, Alila Villas Uluwatu menggunakan konsep yang hampir sama dengan sebelumnya.

Memperbanyak ventilasi udara dan sistem pencahayaan yang sedikit menggunakan tenaga listrik. Menariknya lagi, terdapat beberapa kamar yang menyajikan kolam renang pribadi dengan pemandnagan perairan luas dan desir angin pantai yang mengagumkan.

Hotel Ramah Lingkungan: Kamojang Green Hotel Garut

Selanjutnya, Kamojang Green Hotel Garut menjadi salah satu hotel ramah lingkungan terbaik di Indonesia. Dengan mengusung tema pedesaan, kalian akan diajak untuk mencintai alam dan lingkungan sekitar. Menariknya, Kamojang Green Hotel ini dijuluki sebagai Ubud-nya Jawa Barat loh Sahabat Dream. Hotel ini menawarkan sensasi menginap yang berbeda dari hotel lainnya.

Di sini kalian bisa menginap di cottage yang terletak di tengah danau dan memiliki latar belakang pegunungan. Cottage yang didirikan ini juga sangat ramah lingkungan. Karena menggunakan bahan material kayu yang didesain secantik mungkin. Uniknya lagi, cottage ini akan memberikan kalian kehangatan di malam hari dan kesejukan di pagi hari.

Hotel Ramah Lingkungan: Hilton Bandung

Hotel ramah lingkungan terbaik di Indonesia berikutnya yaitu Hilton Bandung. Bahkan, hotel ini mengatakan sudah sejak lama telah berkomitmen pada konsep Zero Waste. Saking ramah lingkungannya, kalian tidak akan bisa menemukan alat makan berbahan plastik di hotel ini.

Semua peralatan makan rata-rata telah diganti dengan kertas atau bahan eco-friendly lainnya. Bahkan, di ruang meeting sekalipun kalian tidak akan bisa menemukan wadah plastik untuk minuman, sebab telah diganti menggukana botol kaca atau dispenser.

Tak hanya itu saja, pihak hotel juga akan menyarankan pada tamunya untuk tidak meminta layanan mengganti handuk setiap harinya. Ini bukan jorok ya Sahabat Dream, aturan tersebut bertujuan agar tidak menciptakan limbah air dan sabun cuci yang berlebihan.

Menariknya lagi, Laundry bag yang disediakan oleh Hotel Hilton Bandung ini menggunakan bahan kain. Pasalnya, plastik mampu menimbulkan dampak sangat buruk terhadap lingkungan.
 
(Sumber: blog traveloka)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tamu Upacara HUT RI di IKN Nginap di Mana? Ini Kata Jokowi

Tamu Upacara HUT RI di IKN Nginap di Mana? Ini Kata Jokowi

Para tamu akan lebih baik jika bermalam di hotel yang berada di IKN. Jokowi yakin sudah ada hotel yang selesai dibangun pada saat HUT RI nanti.

Baca Selengkapnya
Keluarga Ini Pilih Hidup Permanen di Hotel Mewah untuk Hemat Uang, kok Bisa?

Keluarga Ini Pilih Hidup Permanen di Hotel Mewah untuk Hemat Uang, kok Bisa?

Keluarga ini menilai tinggal di hotel lebih nyaman dan hemat

Baca Selengkapnya
7 Rekomendasi Tempat Liburan Murah di Bandung yang Tak Kalah Seru, Hemat Budget!

7 Rekomendasi Tempat Liburan Murah di Bandung yang Tak Kalah Seru, Hemat Budget!

Banyak tempat liburan murah di Bandung yang tetap seru untuk dikunjungi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Hotel Terbesar di Dunia, Kamarnya Sampai 7.000

5 Hotel Terbesar di Dunia, Kamarnya Sampai 7.000

Di mana hotel terbesar di dunia? Ternyata ada di negara tetangga

Baca Selengkapnya
Surabaya Digoyang Gempa, Tamu Hotel Berhamburan Keluar, Salfok Sama Bapak-bapak Sarungan dan Cowok Kemeja Hijau

Surabaya Digoyang Gempa, Tamu Hotel Berhamburan Keluar, Salfok Sama Bapak-bapak Sarungan dan Cowok Kemeja Hijau

Video bapak-bapak keluar dari hotel masih sarungan dengan baju terbuka bersama gadis seksi ini mengundang beragam komentar.

Baca Selengkapnya
Mengintip Hotel di Wonogiri Tempat Jokowi Menginap, Tarifnya Tak Sampai Rp500.000

Mengintip Hotel di Wonogiri Tempat Jokowi Menginap, Tarifnya Tak Sampai Rp500.000

Bukan hotel mewah, hotel yang digunakan untuk menginap Jokowi berbintang 2

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ketika Karyawan Tak Mau Tersaingi Anak Baru

NOTED KAK! Ketika Karyawan Tak Mau Tersaingi Anak Baru

Sahabat dream, bersaing secara sehat di dunia pekerjaan adalah hal lumrah. Namun kalau senior gak mau kalah sama junior?

Baca Selengkapnya
Bungkus! Tebak Minuman Rasa Jeruk

Bungkus! Tebak Minuman Rasa Jeruk

Sahabat Dream, kira-kira kalian kalau dikasih tebakan minuman ini bisa gak menjawabnya dengan tepat?

Baca Selengkapnya