Inilah Kota dengan Sistem Transportasi Publik Terbaik di Dunia

Ini dia daftar kota dengan sistem transportasi publik terbaik di dunia tahun 2017. Jakarta masuk nggak ya?

Puri Yuanita
| 31 Desember 2017 08:15

Dream - Hong Kong kembali dinobatkan sebagai kota dengan sistem transportasi publik terbaik. Laporan ini dipublikasikan oleh Arcadis, salah satu grup konsultan desain yang merilis Sustainable Cities Mobility Index 2017.

Sistem penjurian melibatkan 100 kota dari seluruh dunia. Kota tersebut kemudian dinilai berdasarkan 23 indikator dengan membaginya ke dalam tiga kategori, yakni People (Keamanan, Akses, Pengemudi, Pemeliharaan), Planet (Rekor Lingkungan, Kemacetan, Keterlambatan, Infrastruktur, Polusi), dan Profit (Finansial Publik, Keterjangkauan, Kesehatan Ekonomi).

Tak diduga, Hong Kong meraih posisi pertama, disusul dengan kota lain seperti Zurich, Paris, Seoul dan Praha. Kendati merupakan salah satu kota paling padat penduduk di dunia, Hong Kong mampu menyediakan transportasi publik yang efektif mengangkut lebih dari 7 juta penduduk setiap harinya. Transportasi yang dijalankan terdiri dari MRT, bus, ferry hingga pesawat.

Selain Hong Kong, ada beberapa kota lainnya di China yang juga mencetak urutan tinggi. Ada Beijing (16), Shenzen (19), Shanghai (27), Guangzhou (33), Macau (39), Chengdu (50), Wuhan (68) dan Tianjin (70).

Kota lain yang juga berhasil meraih posisi teratas kebanyakan berasal dari negara belahan Eropa dan Amerika. Sementara kota dari Benua Afrika banyak terdapat di daftar terbawah.

(Sumber: shanghaiist.com/Annisa Mutiara Asharini)

Topik Terkait :

Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham

Jangan Lewatkan