Inilah Penerbangan Nonstop Terlama di Dunia

Rute baru yang memiliki jarak tempuh sekitar 9030 mil itu diperkirakan akan memakan waktu 18,5 jam.

Puri Yuanita
| 28 Januari 2016 18:20

Dream - Qatar Airways tampaknya bakal menjadi maskapai berikutnya yang melakukan penerbangan nonstop terlama di dunia. Saat ini rekor penerbangan terpanjang dan terlama masih dipegang oleh maskapai Qantas untuk rute Sydney-Dallas dengan jarak tempuh 8.578 mil.

Maskapai dari negeri teluk ini berencana meluncurkan rute baru, Doha-Auckland, dengan jarak tempuh 500 mil lebih jauh dari jarak Sydney-Dallas.

Total rute baru yang akan dilintasi Qatar Airways adalah 9.030 mil. Untuk melaluinya diperlukan waktu tempuh 18,5 jam. Lebih lama dibandingkan dengan Qantas yang hanya 16 jam 55 menit.

Belum cukup puas dengan pencapaiannya, Qatar Airways juga akan meluncurkan penerbangan terpanjang kedua di dunia dengan rute Doha-Santiago, Chili.

Maskapai Qatar Airways memang telah tumbuh mantap dalam beberapa tahun terakhir, bersama dengan pesaingnya Etihad Airways.

Namun pihak Qantas mengklaim bahwa mereka akan merebut kembali gelarnya sebagai maskapai dengan penerbangan nonstop terlama lantaran mereka bakal meluncurkan rute baru Perth dan London pada 2017 mendatang.

Namun dari seluruh maskapai tersebut, belum ada yang mampu melampaui Singapore Airlines. Singapore Airlines pernah membuka rute penerbangan nonstop terlama Singapura-Newark yang berjarak 9.536 mil, dengan waktu tempuh hingga 19 jam. Meski akhirnya rute penerbangan tersebut dihentikan pada 2013 dan rencananya baru akan dibuka kembali pada 2018.

(Sumber: Yahoo Travel)

Topik Terkait :

Detik-detik Marshanda Hilang Misterius di Los Angeles, Amerika Serikat

Jangan Lewatkan