Italia Lockdown, Air Kanal Venesia Jadi Jernih

Hal ini menjadi pemandangan menarik.

Ahmad Baiquni
| 21 Maret 2020 13:10

Dream - Kanal jadi urat nadi pariwisata di Venesia. Sayangnya, kecantikan kota itu tidak bisa dinikmati untuk sementara waktu akibat Pemerintah Italia menutupan total atau lockdown.

Penutupan tersebut rupanya membawa banyak dampak positif. Salah satunya, air kanal Venesia yang kini menjadi sangat jernih, sampai terlihat ikan-ikan kecil berenang di dalamnya.

Sejumlah pengguna Facebook mengabadikan pemandangan yang terbilang langka ini. Sejenak, foto-foto tersebut viral di media sosial.

" Alam melanjutkan kehidupannya, betapa indah," tulis salah satu netizen.

 Kanal Venesia

Meski tampak cantik, kantor wali kota menyatakan jernihnya air kanal bukan karena meningkatnya kualitas. Tetapi, lebih disebabkan lalu lintas kanal yang berhenti.

" Air sekarang terlihat lebih jernih karena lebih sedikit lalu lintas di kanal dan memungkinkan endapan tetap di dasar," kata juru bicara kantor wali kota Venesia.

Sedikitnya lalu lintas kapal membuat sedimen di permukaan air menurun. Meski begitu, tingkat polusi pada air tidak mengalami penurunan meski kualitas udara meningkat.

" Udara, bagaimanapun, lebih sedikit tercemar karena vaporetti (kapal) dan lalu lintas kapal lebih sedikit dari biasanya karena pergerakan penduduk yang terbatas," kata juru bicara tersebut.

Venesia kini tengah berjuang melawan penyebaran virus corona. Virus ini menjadi masalah baru setelah November tahun lalu Venesia dilanda banjir terburuk sepanjang 50 tahun terakhir.

Sumber: Liputan6.com/CNN

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Gelas Kesuksesan Korban PHK

Jangan Lewatkan