Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Jadi Destinasi Paling Wajib Dikunjungi 2020, Generasi Muda NTT Berbenah

Jadi Destinasi Paling Wajib Dikunjungi 2020, Generasi Muda NTT Berbenah Program Peningkatan Bahasa Inggris Kaum Muda NTT (Istimewa)

Dream - Nusa Tenggara Timur dinobatkan sebagai "Best Value to Visit 2020" oleh Lonely Planet. Provinsi di kawasan tengah Indonesia ini merupakan rumah bagi pantai eksotis dan spot menyelam terbaik di dunia.

Penghargaan ini mendorong generasi muda untuk berbenah menyambut gelombang wisatawan. Mereka terus meningkatkan kemampuan agar siap menyambut perkembangan, terutama pada sektor wisata.

Aplikasi belajar bahasa asing secara online, Cakap, melalui program Dayamaya yang diinisiasi Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo berkolaborasi dengan generasi muda NTT untuk meningkatkan kemampuan. Salah satunya kemahiran berbicara dalam Bahasa Inggris.

"Visi BAKTI adalah memeratakan infrastruktur telekomunikasi dan mengembangkan ekosistem bagi masyarakat di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) agar dapat mengembangkan SDM untuk Indonesia menuju digital nation. Salah satunya melalui program Dayamaya," ujar Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Masyarakat dan Pemerintah Bakti Kominfo, Danny Januar, melalui keterangan tertulis diterima Dream.

NTT

Saat ini, Cakap telah menggelar program kelas Bahasa Inggris online untuk 250 pelajar SMA di Kabupaten Sabu Raijua dan Kabupaten Sumba Timur. Kegiatan belajar mengajar dijalankan dengan panduan dari guru Bahasa Inggris asing.

Level kegiatan masih tergolong Beginner. Para siswa sudah memiliki kemampuan Bahasa Inggris namun masih lemah dalam mengembangkan percakapan.

"Dengan semangat gotong royong bersama para stakeholder strategis, Cakap bersama BAKTI Kominfo melalui program Dayamaya ingin mendorong upaya kolaborasi lintas sektor bagi kesejahteraan masyarakat melalui sektor pendidikan," ujar CEO Cakap, Tomy Yunus.

cakap

Tomy berharap riset yang digelar Cakap dapat meningkatkan kesadaran pemerintah daerah dan masyarakat tentang pentingnya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Kepala SMAN 1 Waingapu, Putu Gede, mengapresiasi hasil riset Cakap. Menurut dia, hasil riset tersebut sangat bermanfaat terutama bagi para pelajar dan guru.

"Harapannya semua pihak yang terlibat baik pemerintah maupun stakeholder lainnya dapat menindaklanjuti hasil tersebut, mau diapakan anak-anak dan guru-guru kami ini nantinya, terutama dalam pengembangan sumber daya (manusia) dalam penguasaan bahasa Inggrisnya," kata dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Rekomendasi Kota di Luar Negeri yang Bagus untuk Rayakan Tahun Baru, Mana Impianmu?

9 Rekomendasi Kota di Luar Negeri yang Bagus untuk Rayakan Tahun Baru, Mana Impianmu?

Destinasi itu menjadi pengalaman hidup yang tidak akan pernah kamu lupakan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! THIS OR THAT

BUNGKUS! THIS OR THAT

Kalau Sahabat Dream berada di antara dua pilihan ini, kalian akan pilih tim yang mana?

Baca Selengkapnya