Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Jalan-jalan di Hong Kong Makin Nyaman dengan Protokol Kesehatan

Jalan-jalan di Hong Kong Makin Nyaman dengan Protokol Kesehatan Hong Kong (Shutterstock.com)

Dream - Pariwisata menjadi sektor yang diandalkan dalam perekonomian Hong Kong. Sektor ini mengalami pukulan cukup parah akibat pandemi Covid-19.

Otoritas Hong Kong pun segera bergerak memulihkan kondisi. Protokol kesehatan paling ketat diterapkan mulai dari pemerintah hingga masyarakat.

Demikian pula di sektor pariwisata, banyak pelaku industri pariwisata aktif menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan. Tak hanya itu, peralatan kebersihan canggih banyak digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Sektor pariwisata Hong Kong mulai dibuka di tengah pandemi Covid-19, tentu dengan penerapan protokol yang ketat. Untuk menjamin keselamatan para traveler, Dewan Pariwisata Hong Kong (Hong Kong Tourism Board/HKTB) menggandeng Hong Kong Quality Assurance Agency (HKQAA) meluncurkan standarisasi protokol kesehatan pada Selasa, 13 Oktober 2020.

Protokol ini bertujuan untuk menyediakan seperangkat pedoman terpadu tentang langkah-langkah kebersihan, kesehatan dan anti-epidemi untuk industri terkait pariwisata.

"Pandemi Covid-19 telah membawa keadaan new normal ke lanskap pariwisata. Di era baru ini, kesehatan serta keselamatan akan menjadi prioritas bagi pengunjung," ujar Ketua HKTB, Dr. YK Pang, melalui keterangan tertulis.

Sertifikasi Anti-Pandemi Hong Kong

Sertifikat anti-pandemi untuk pelaku usaha di Hong Kong (Istimewa)

Banyak biro perjalanan dan organisasi pariwisata internasional yang menerapkan pedoman kebersihan dan kesehatan, protokol anti epidemi, dan standarisasi protokol kebersihan di setiap sektor. Pang menjamin sektor industri Hong Kong mengutamakan kebersihan, kesehatan dan keselamatan.

"Setelah kami berkonsultasi pada mitra dagang HKTB, saya sangat senang karena lebih dari 1.800 lini bisnis dan outlet memberikan penilaian positif dan ketertarikan pada protokol yang kami luncurkan," kata dia.

Protokol tersebut akan mencakup pusat perbelanjaan, hotel, restoran, toko ritel, perusahaan bus, atraksi pariwisata, travel agent, dan banyak lagi. Bisnis dan outlet yang berpartisipasi diharuskan untuk mematuhi serangkaian tindakan kebersihan dan anti epidemi (lihat lampiran). Setelah lulus penilaian, detail bisnis dan outlet akan diunggah ke situs https://hkhygiene.hkqaa.org.

Para pemilik bisnis dan outlet dapat menampilkan logo yang untuk menunjukkan komitmen mereka terhadap protokol. Selanjutnya, HKQAA akan melakukan inspeksi secara mendadak untuk memeriksa apakah mereka yang telah terdaftar sudah melalukan protokol kesehatan sebagaimana mestinya.

"Selama proses pembuatan standarisasi protokol kesehatan ini, HKQAA mengacu pada pedoman Pusat Perlindungan Kesehatan dari Departemen Makanan dan Kebersihan Lingkungan Hong Kong," kata Ketua HKQAA, Ir C S Ho.

Protokol Kesehatan Hong Kong

Pedoman penerapan protokol kesehatan di Hong Kong (Istimewa)

Pihaknya bertujuan memperluas implementasi dari praktek protokol kesehatan dan anti epidemi di seluruh sektor terkait pariwisata serta mendukung usaha untuk bersama-sama berjuang melawan pandemi secara profesional.

"Kemitraan bersama dengan HKTB ini merupakan kehormatan bagi kami, untuk terus meningkatkan standarisasi protokol kesehatan dan kebersihan terbaru di seluruh industri untuk keadaan new normal saat ini," ucap Ho.

HKTB saat ini bekerja sama dengan Tim SAR dari Pemerintah Hong Kong dan industri pariwisata untuk mempersiapkan Hong Kong yang lebih baik ke depannya. Tujuannya untuk menyambut para pengunjung kembali dengan berbagai pengalaman dan penawaran menarik di Hong Kong.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Setelah Liburan di Alam Terbuka
7 Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Setelah Liburan di Alam Terbuka

Berjalan-jalan di alam terbuka memiliki tantangan tersendiri. Kamu pun bisa terpapar risiko penyakit tertentu.

Baca Selengkapnya
Langkah-Langkah Menjaga Kesehatan Mata, Suka Disepelekan Namun Dampaknya Besar
Langkah-Langkah Menjaga Kesehatan Mata, Suka Disepelekan Namun Dampaknya Besar

Menjaga kesehatan mata tidak hanya bisa dilakukan dengan menjaga asupan makanan setiap hari. Kamu juga bisa melakukan upaya lain untuk menjaga mata tetap sehat.

Baca Selengkapnya
Menkes Ternyata Tidak Mengatur Harga Eceran Tertinggi Vaksin Covid-19
Menkes Ternyata Tidak Mengatur Harga Eceran Tertinggi Vaksin Covid-19

Harga eceran tertinggi vaksin keempat Covid-19 tidak ditentukan Menkes. Kelompok yang harus membayar vaksin bisa mencari tahu lewat fasilitas kesehatan.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Syarat Penting dari Dokter Bagi Ibu Menyusui yang Ingin Jalani Puasa
Syarat Penting dari Dokter Bagi Ibu Menyusui yang Ingin Jalani Puasa

Dari sisi kesehatan anak, rupanya juga ada syarat bagi ibu menyusui untuk berpuasa.

Baca Selengkapnya
Ada Teknik Jalan Nyaman dari Dokter untuk Kamu yang Alami Nyeri Lutut
Ada Teknik Jalan Nyaman dari Dokter untuk Kamu yang Alami Nyeri Lutut

Perhatikan cara jalan yang tepat saat mengalami nyeri lutut agar kondisinya tidak semakin memburuk, terutama ketika naik dan turun tangga.

Baca Selengkapnya
Demi Sehat dan Langsing, Dokter Ungkap Asupan yang Harus Dibatasi Saat Menyusui
Demi Sehat dan Langsing, Dokter Ungkap Asupan yang Harus Dibatasi Saat Menyusui

Pola makan tetap harus dikontrol saat menyusui agar kualitas ASI tetap terjaga dan kondisi ibu pun sehat.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tutorial Hijab Jadi Outer
DRESS IT! Tutorial Hijab Jadi Outer

Sahabat dream yang berhijab lagi bingung mau hangout tapi tidak punya outer? Nah tips satu ini boleh banget kamu coba.

Baca Selengkapnya