Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Jelajah Indonesia, Ratusan Turis Cruise Pilih Datangi Kota Ini

Jelajah Indonesia, Ratusan Turis Cruise Pilih Datangi Kota Ini Kapal Pesiar Sea Princes (Foto: Facebook/Kemenpar)

Dream - Sekitar 400 dari 2000 wisatawan mancanegara (wisman) penumpang kapal pesiar "Sea Princes" berbendera Inggris bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Mereka menikmati indahnya Kota Semarang dipandu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, beberapa waktu lalu.

Meski hanya sehari, kunjungan wisata tersebut membuat ratusan wisman dari semua segmen umur yang berasal dari berbagai negara benua Eropa gembira. Mereka diajak keliling destinasi wisata seperti Kota Lama Semarang, Lawang Sewu, Sam Po Kong dan lainnya. Tidak lupa juga mampir ke Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah.

Haryadi Dwi Prasetyo S, Kepala Seksi (Kasie) Destinasi Pariwisata Disbudpar Kota Semarang mengatakan, ratusan wisman dari ribuan penumpang kapal pesiar Sea Princes asal Inggris tersebut menjadi tamu khusus yang dipandunya.

cruise

"Mulai dari penyambutan bersandarnya kapal pesiar tersebut, kami suguhkan dengan sajian tari dan karawitan khas Jawa khususnya seni dan budaya Jawa Tengah. Usai acara penyambutan yang banyak mengundang perhatian wisman yang turun dari kapal. Dalam sehari kami ajak mereka untuk mengikuti City Tour (wisata kota) di Semarang dan dilanjutkan berkunjung ke Candi Borobudur Magelang," ujarnya, dikutip dari keterangan pers tertulis, Senin 2 Oktober 2017.

Dari jumlah wisman yang mengikuti city tour tersebut, menurut Haryadi bisa menjadi tolak ukur atas minat wisman untuk berkunjung ke Kota Semarang. Tidak saja melihat ragam destinasi wisata yang ditawarkan, namun mereka juga menikmati kuliner. Tak lupa melakukan transaksi untuk belanja oleh-oleh khas Semarang.

"Rombongan wisman sebanyak 400 orang yang kami bawa untuk mengikuti city tour terlihat antusias. Ini terlihat dari semangat mereka yang tak berhenti bertanya dan mengabadikan diri berfoto bersama. Bahkan melakukan transaksi (pembelian oleh-oleh dan kuliner) di setiap kunjungan pada destinasi wisata yang menjadi paket city tour," jelasnya.

cruise

Dengan program city tour yang sudah dicanangkan Pemerintah Daerah, Disbudpar Kota Semarang berharap para wisman bisa melihat langsung perkembangan Kota Semarang melalui pariwisata.

"Kami berharap, dalam paket city tour yang sudah berjalan dengan baik dengan banyaknya peserta yang datang dari luar negeri itu, bisa meningkatkan kunjungan wisman lebih lama lagi di Semarang. Tidak saja hanya singgah, namun mereka juga menginap dan betah berlama-lama menikmati wisata," harapnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta agar Kota Semarang sendiri memiliki destinasi yang pas buat para cruisers. Mereka akan semakin banyak ke Kota Semarang, dengan cruise yang semakin banyak mampir ke Tanjung Emas, menyusul kebijakan pencabutan Cabotage di kapal pesiar.

Jika ingin kotanya menjadi destinasi wisata, perhatikan 3A. Akses sudah terjawab dari cruises melalui pelabuhan. Tinggal atraksinya apa di dalam kota yang pas dengan marketnya? "Ciptakan destinasi untuk mereka, misalnya ada sesuatu di Kota Lama yang membuat mereka happy berkeliling di sana," kata Arief Yahya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
20 Kota Tujuan Wisata Teratas di Dunia Tahun 2023
20 Kota Tujuan Wisata Teratas di Dunia Tahun 2023

Apakah Jakarta masuk dalam daftar kota tujuan wisata teratas?

Baca Selengkapnya
9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan
9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

Jogja memiliki banyak pilihan destinasi wisata air terjun yang menawarkan keindahan alam yang asri.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! Tips Gantung Jeans yang Benar
DRESS IT! Tips Gantung Jeans yang Benar

Bagaimana cara Sahabat dream, selama ini menggantung celana jeans? Pernah coba gaya berbeda seperti tutorial menggantung jeans ini belum?

Baca Selengkapnya