Jelang Larangan Mudik, Diskon Tiket Bepergian Malah Bertambah

Tiket.com mencatatkan performa yang sangat baik pada kuartal pertama 2021.

Ahmad Baiquni
| 19 April 2021 20:20

Dream - Pemerintah telah menetapkan larangan mudik Lebaran 2021 untuk menekan laju penularan Covid-19. Kebijakan ini sempat menuai polemik lantaran dinilai justru merugikan ekonomi khususnya pariwisata.

Kenyataannya, biro perjalanan malah mencatatkan kenaikan dalam penjualan tiket perjalanan. Bahkan promo diskon semakin meningkat jelang berlakunya larangan mudik pada 6-17 Mei 2021.

Seperti pengalaman Tiket.com sebagai Online Travel Agent (OTA) Indonesia yang mengalami peningkatan pembelian tiket pesawat hingga 331 persen pada kuartal pertama 2021. Peningkatan terjadi setelah melakukan kampanye bertajuk MTM (Malu Tanggal Muda) dan kampanye tanggal merah.

Selain itu, booking hotel juga naik 321 persen dan tiket TO DO yang merupakan fitur terbaru naik pesat hingga 10.083 persen. Juga terjadi pertumbuhan angka user sebesar 299 persen atau sekitar 3 kali lipat.

" Performa Q1 Tiket.com jauh melampaui best case scenario yang kami susun," ujar Co-Founder & Chief Marketing Officer Tiket.com, Gaery Undarsa.

 Tiket.com

Gaery menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Indonesia atas dukungan untuk pemulihan industri pariwisata.

" Sebagai salah satu pelaku industri pariwisata terbesar di Indonesia, kami sangat optimis bahwa kinerja Tiket.com pada Q2 akan semakin tancap ngegas," kata Gaery.

Pada awal kuartal kedua 2021, Tiket.com menggelar program diskon tahunan berupa Mendadak OTW (Online Tiket Week) pada 5-11 April lalu. Program tersebut juga berhasil memberikan push tambahan dengan meningkatkan pembelian tiket pesawat sebesar 81 persen, booking hotel sebesar 131 persen, dan tiket TO DO sebesar 75 persen.

" Kami melihat bahwa masyarakat sekarang sudah lebih strategis saat merencanakan liburannya. Hadirnya kampanye promo seperti Mendadak OTW ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk merencanakan liburan lebih matang dengan harga yang lebih terjangkau," ujar Gaery

Dia menjelaskan program tersebut dapat memberikan kesempatan masyarakat untuk liburan secara aman dan sesuai protokol kesehatan, mulai dari staycation, Work From Hotel, atau Liburan Dekat Rumah. Kampanye Mendadak OTW tersebut akan menjadi salah satu langkah jitu dalam mendorong angka booking hotel di destinasi TOP seperti Bali dan Yogyakarta walaupun sedang low season dan dalam kondisi pandemi.

Selain itu, fitur tiket TO DO menjadi unggulan Tiket.com pada kuartal pertama 2021. Fitur ini dapat menjawab kebutuhan pelanggan untuk mengunjungi tempat atraksi dan playground bagi keluarga, serta kebutuhan pelengkap perjalanan (travel essentials) tes Covid-19.

Sedangkan untuk Ramadan tahun ini, Tiket.com menggelar program diskon tahunan mulai dari Tiket Hari Raya (THR) dengan diskon hingga 50 persen + 25 persen. Promo ini berlaku mulai dari pemesanan tiket pesawat domestik, hotel, HOMES, TO DO, kereta api, sewa mobil, dan airport transfer yang dimulai pada Senin 19 April jam 15.00-21.00 WIB.

Laporan: Yuni Puspita Dewi

Virtual Tour Ramadan 2021 in Singapore

Jangan Lewatkan