Jembatan Gantung Situgunung, Terpanjang se-Asia Tenggara

Jembatan ini menjadi destinasi menarik untuk melepas penat.

Ahmad Baiquni
| 1 April 2019 11:11

Dream - Ingin menikmati liburan dengan nuansa alam asri, Sukabumi bisa jadi pilihan. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta sehingga tak butuh waktu lama untuk bisa sampai di salah satu kabupaten di Jawa Barat ini.

Sukabumi terkenal dengan pemandangan alamnya yang asri. Ada wisata gunung, pantai, bahkan hutan sekaligus.

Tetapi, mungkin tidak banyak yang tahu Sukabumi punya destinasi menarik berupa jembatan gantung. Namanya Situgunung Suspension Bridge yang terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Panjang jembatan ini mencapai 243 meter dengan lebar 1,2 meter dan tinggi 107 meter. Dengan ukuran tersebut, Jembatan Gantung Situgunung dinobatkan sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.

 Jembatan Gantung Situgunung

Diresmikan oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, pada 9 Maret 2019, jembatan ini dibangun oleh PT Frontis Aqua Vivam bekerja sama dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrangro. Proyek pembangunan jembatan ini dimulai pada Mei 2017.

Selama proses pembangunan jembatan ini, tidak ada satupun alat berat digunakan. Waktu yang dibutuhkan hanya 4 bulan dan jembatan ini sudah mendapatkan sertifikat keselamatan dan kenyamanan serta dinyatakan lolos dalam uji beban dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Direktur Jembatan Situgunung, Dede Asad, mengatakan masyarakat tidak perlu takut menyeberangi jembatan ini. Disediakan sabuk pengaman lengkap dengan pengait dan ikat pinggang yang bisa dipasang ke pegangan jika terjadi turbulensi.

 Jembatan Gantung Situgunung

Peralatan keamanan disediakan di pintu masuk. Para pengunjung yang menyeberang akan didampingi staf yang bersiaga di tengah jembatan.

Sampai di ujung jembatan, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju Curug Sawer. Jaraknya sekitar 1 kilometer dari jembatan.

Kawasan wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 17.30 WIB. Tersedia juga beragam paket wisata yang ditawarkan, baik untuk perorangan, kelompok, bisa juga untuk pemotretan pre-wedding.

Sumber: Liputan6.com/Henry Hens

Topik Terkait :

Summer Style 2019

Jangan Lewatkan