Jendela Pecah, Pilot Hampir Terlempar Keluar Pesawat

Tanpa tanda apa pun, kaca depan pesawat terbuka lebar dengan ledakan besar.

Dwifantya
| 16 Mei 2018 16:45

Dream - Sekitar 40 menit setelah lepas landas, kaca depan kokpit kanan pesawat Sichuan Airlines pecah hingga menyebabkan dekompresi pada ketinggian 32.000 kaki. Pesawat Airbus A319 yang sedang melakukan perjalanan dari Chongqing menuju ke Lhasa terpaksa melakukan pendaratan darurat di Chengdu, China.

" Tanpa tanda apa pun, kaca depan terbuka lebar dengan ledakan besar. Ketika saya melihat ke atas, tubuh co-pilot tergantung di tengah jendela," kata pilot Liu Chuanjian kepada Chengu Economic Daily, seperti dikutip dari Travel + Leisure, Rabu 16 Mei 2018.

Bagian dari kokpit, termasuk panel kontrol autopilot, terbang dari dashboard. Liu mengatakan bahwa pendaratan darurat sangat sulit karena kebisingan, puing-puing yang beterbangan, dan ketidakmampuan untuk melihat jauh lebih dari beberapa meter di depan pesawat.

Pilot yang duduk di kursi sebelah kanan mengalami goresan dan keseleo di pergelangan tangan, menurut Administrasi Penerbangan Sipil Administrasi Wilayah Barat Daya China (CAAC). Seorang kru pesawat terluka saat turun, menurut Reuters.

Sichuan Airlines melaporkan di akun Weibo bahwa pesawat itu mengalami kerusakan mekanis. Maskapai penerbangan tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Ada 119 penumpang dalam pesawat, beruntung tidak ada yang terluka dalam insiden itu. Di Chengdu, mereka beralih ke pesawat lain dan melanjutkan perjalanan ke ibukota Tibet, Lhasa.

Bukan luar biasa jika jendela pesawat retak selama penerbangan, tetapi memiliki seluruh jendela pecah dan terbuka lebar, ini sangat jarang terjadi. Pada 1990, seorang pilot British Airways terluka ketika dia tersedot keluar jendela kokpit yang rusak. Pada April lalu, sebuah pisau terbang dari mesin rusak pada penerbangan Southwest dan memecahkan jendela, hingga mengakibatkan satu penumpang tewas.

Topik Terkait :

Mana Nama Suzzanna yang Benar

Jangan Lewatkan