Jepang Bertahan di Posisi Teratas Paspor Sakti Dunia

Kini, pemegang paspor Jepang bisa menikmati fasilitas bebas visa ke 190 tujuan.

Ahmad Baiquni
| 14 Oktober 2018 15:15

Dream - Firma konsultasi kewarganegaraan dan kependudukan Henley & Partners merilis survei terbarunya mengenai paspor terkuat di seluruh dunia, Henley Passport Index 2018. Dalam survei tersebut, Jepang bertahan di peringkat teratas paspor tersakti dunia.

Pemegang paspor Jepang mendapatkan akses bebas visa ke Myanmar awal Oktober ini. Secara keseluruhan para pemegang paspor Jepang bisa menikmati bebas visa ke 190 negara tujuan.

Sementara Singapura sendiri baru bebas visa ke 189 tujuan. Alhasil, Singapura turun ke peringkat kedua.

" Keduanya telah bersaing ketat sejak mereka berdua naik ke tempat pertama pada bulan Februari," demikian pernyataan tertulis Henley & Partners, dikutip dari Channel News Asia.

Sementara Jerman yang pada survei sebelumnya menempati posisi kedua harus jatuh ke peringkat ketiga. Pada posisi yang sama, ada Korea Selatan dan Perancis dengan 188 tujuan,

Sedangkan urutan keempat ditempati Denmark, Finlandia, Italia, Swedia, dan Spanyol. Lima negara ini mendapatkan akses bebas visa ke 187 tujuan.

Amerika Serikat dan Inggris juga merosot. Dua negara ini menempati posisi kelima.

" Dengan kegiatan visa keluar yang stagnan dibandingkan dengan rivalnya yang berkinerja tinggi seperti Jepang, Singapura dan Korea Selatan, tampaknya semakin tidak mungkin bahwa AS dan Inggris akan mendapatkan kembali posisi nomor satu yang diraih bersama pada tahun 2015," demikian pernyataan selanjutnya.

Sementara peringkat terbawah ditempati Irak dan Afghanistan. Dua negara ini hanya menikmati akses bebas visa ke 30 negara tujuan.

Penyusunan Henley Passport Index didasarkan pada jumlah tujuan bebas visa yang bisa dimasuki dengan paspor suatu negara. Pemeringkatan juga menggunakan data dari Asosiasi Transportasi Udara Internasional serta riset internet.

" Ini selalu diperbaharui ketika ada perubahan kebijakan visa mulai berlaku," berikut pernyataan Henley & Partners.

Topik Terkait :

Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-

Jangan Lewatkan