Jumlah Tabungan Minimal untuk Syarat Visa ke Destinasi Populer

Berapa jumlah saldo minimal yang harus ada di rekening tabungan untuk mengajukan visa ke sejumlah negara favorit wisatawan? Simak ulasannya!

Puri Yuanita
| 29 Januari 2018 14:07

Dream - Bisa berlibur ke sejumlah destinasi populer di dunia tentunya jadi impian semua traveler. Sayangnya, persyaratan pengajuan visa yang agak rumit terkadang membuat para traveler harus menunda atau mengurungkan niatnya untuk mengunjungi sejumlah negara.

Salah satu syarat pengajuan visa yang seringkali membuat pusing para traveler adalah disertakannya rekening koran dengan saldo tabungan mencapai jumlah minimal tertentu. Jika saldo tabungan traveler belum mencapai jumlah minimal yang ditentukan, maka ia tidak bisa mengajukan visa untuk berkunjung ke suatu negara.

Dilansir dari skyscanner.co.id, tujuan kedutaan mensyaratkan jumlah tabungan minimal adalah demi memastikan wisatawan memiliki dana yang cukup untuk bepergian ke negara terkait serta kembali ke Indonesia sesuai waktu yang ditentukan. Bukan malah kemudian mencari pekerjaan di sana atau bahkan yang lebih buruk, menjadi wisatawan ilegal atau imigran gelap.

Biasanya, untuk pengajuan visa kedutaan akan meminta rekening koran atau bukti tabungan selama 3 bulan terakhir. Dan yang sering jadi pertanyaan, berapa jumlah saldo minimal yang harus ada di tabungan untuk mengajukan visa?

Kedutaan dari tiap negara tentunya memiliki kebijakannya masing-masing dan mensyaratkan jumlah tabungan minimal yang berbeda-beda. Berikut Dream Travel akan mengulasnya untuk kamu.

1. Eropa (Visa Schengen)

Di antara banyak negara Eropa yang masuk wilayah Schengen, hanya Belanda yang dengan jelas menyatakan jumlah tabungan minimal yang harus dimiliki seorang traveler untuk mengajukan visa Schengen. Jumlahnya yaitu 30 Euro dikali jumlah hari kamu berada di sana.

Jadi, jika kamu berniat liburan selama 15 hari di Eropa, minimal kamu memiliki 450 Euro atau sekitar Rp7.500.000 di tabungan.

2. Australia

Untuk mendapatkan visa Australia, setidaknya kamu harus memiliki saldo Rp10 juta di tabungan untuk perjalanan selama kurang lebih satu minggu di Negeri Kangguru.

3. Jepang

Jepang sudah memberlakukan kebijakan visa waiver bagi para pemilik e-passport, tapi mereka yang belum memiliki e-passport harus tetap mengajukan visa seperti biasa. Jepang memang tidak menerangkan secara resmi jumlah saldo minimal yang harus ada di tabungan, tapi kamu bisa menggunakan perhitungan berikut:

Kalikan biaya hidup harian di sana dengan jumlah hari kamu berada di Jepang. Biaya hidup di Jepang diasumsikan sebesar Rp1 juta per hari, kalikan dengan jumlah hari kamu di sana. Hasilnya, itulah jumlah saldo minimal yang sebaiknya ada di rekening kamu saat mengajukan visa.

4. Korea Selatan

Sama seperti Jepang, Korea Selatan juga tidak menyebutkan secara pasti berapa jumlah tabungan minimal yang harus ada di rekening agar pengajuan visa bisa lolos. Jadi, kamu bisa menggunakan perhitungan yang sama dengan asumsi biaya hidup harian di Korsel sebesar Rp1 juta dikali dengan jumlah hari liburanmu.

5. Inggris

Inggris juga tidak menyebutkan secara pasti jumlah saldo tabungan minimal untuk traveler yang ingin mengajukan visa. Jadi, buat kamu yang ingin mengajukan visa Inggris bisa membuat perhitungan yang sama seperti sebelum-sebelumnya.

Kalikan jumlah hari liburanmu di Inggris dengan biaya hidup harian di sana yang mencakup makan, tempat tinggal dan transportasi. Pastikan juga semua dokumen persyaratanmu diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dengan menggunakan penerjemah yang sah.

Topik Terkait :

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie

Jangan Lewatkan