Jurus Pamungkas Kemenparekraf Pulihkan Pariwisata, Apa Saja?

Ada tiga strategi Kemenparekraf mendorong pemulihan sektor pariwisata.

Ahmad Baiquni
| 28 Desember 2021 20:10

Dream - Pandemi yang sudah berjalan hampir dua tahun membuat sektor pariwisata tiarap. Dampaknya, devisa negara anjlok sangat dalam.

Untuk memulihkan kondisi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan sejumlah program. Salah satunya melalui program Gercep (Gerak Cepat).

" Kita ingin paradigma di mana parekraf ini adalah the fast moving people, adalah orang-orang yang mengambil peluang dengan bergerak cepat," ujar Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Sandiaga mengungkapkan Kemenparekraf mengandalkan ekosistem yang memungkinan untuk bergerak cepat. " Bahwa kita ingin pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif terlayani, tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu dengan gerak cepat," ucap dia.

Program Gercep ini terbagi dalam enam bentuk bantuan bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Di antaranya Bantuan Insentif Pemerintah yang menjadi salah satu ikon kehadiran pemerintah untuk membangun komunikasi dengan bantuan kepada para pelaku usaha di sektor Parekraf.

Kedua, Bantuan Pemerintah Bagi Usaha Pariwisata (BPUP) yang merupakan salah satu transformasi untuk membantu sektor pariwisata yang sangat terdampak. BPUP merupakan bantuan Pemerintah dalam rangka reaktivasi usaha pariwisata.

Ketiga, Bantuan PEN Film untuk promosi pada 22 film Indonesia, bantuan produksi pada 53 film, dan bantuan pra produksi pada 50 film.

Keempat, Bantuan PEN Bangga Buatan Indonesia (BBI). Kemenparekaf memberikan stimulus berupa voucher pembelian produk yang membuatnya tidak hanya bangga tapi juga membeli produk-produk ekonomi kreatif.

 

Selanjutnya :

Topik Terkait :

Persiapan Pernikahan yang Tinggal Menghitung Hari, Venna Melinda & Ferry Irawan Pre-wedding di Bali

Jangan Lewatkan