Kabar Gembira, Peta Mudik 2016 Sudah Bisa Diunduh!

Peta itu dilengkapi dengan harga paket-paket wisata berbagai tujuan, nomor telepon penting, daerah rawan macet, hingga...

Puri Yuanita
| 28 Juni 2016 08:10

Dream - Mudik sudah menjadi tradisi tahunan yang tak bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia. Biasanya, sepekan menjelang Lebaran, jumlah pemudik akan meningkat pesat.

Kondisi jalanan di kota-kota besar, terutama Jakarta akan menjadi lebih sepi. Karena sebagian besar masyarakat akan pulang ke kampung halaman mereka. Sebaliknya, arus lalu lintas menuju ke daerah kian padat dengan kendaraan pemudik.

Nah, untuk mempermudah para pemudik yang menempuh jalur darat, Kementerian Pariwisata menggandeng Kementerian Perhubungan juga swasta, menyusun peta mudik 2016. Keberadaan peta mudik ini diharapkan dapat memberikan informasi jalur dan tujuan wisata bagi masyarakat. Sebab, mudik ke kampung halaman bukan saja menjadi ajang bertemu dengan keluarga tetapi juga kesempatan untuk berwisata di daerah.

Peta mudik 2016 dari Kemenpar ini telah dicetak sebanyak 200 ribu eksemplar dan didistribusikan melalui Jasa Marga, Kementerian Kesehatan, Kementerian PU dan Organda, juga pihak swasta yang bergerak dalam trasnportasi angkutan lebaran.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuty menjelaskan, Kemenpar menerbitkan peta jalur mudik resmi " plus" yang sekaligus memuat paket dan destinasi wisata di Sumatera, Jawa, dan Bali. Peta itu dilengkapi dengan harga paket-paket wisata berbagai tujuan, nomor telepon penting, daerah rawan macet, hingga tempat-tempat rekreasi meliputi pantai, taman nasional, diving area, surfing area dan pegunungan.

" Peta jalur mudik ini bukan sekadar berisi tentang informasi perjalanan tetapi juga memuat paket wisata yang mungkin saja akan diminati pemudik," kata Esthy dikutip dari situs Pesona.indonesia.travel.

Selain peta jalur mudik, pihaknya juga mensosialisasikan paket-paket wisata domestik melalui situs Pesona.indonesia.travel yang merupakan salah satu portal resmi Kemenpar. Kemenpar juga memastikan, angkutan udara dan angkutan laut pada musim Lebaran tahun ini telah siap untuk memobilisasi wisatawan nusantara.

" Kami berupaya agar mobilisasi wisatawan domestik pada musim Lebaran tahun ini tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa," ujar Esthy.

Nah, untuk Anda yang berencana melakukan perjalanan ke kampung halaman, silahkan mengunduh peta mudik 2016 di laman berikut ini.    

Detik-detik Marshanda Hilang Misterius di Los Angeles, Amerika Serikat

Jangan Lewatkan