Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kampung Cyber Siap Wakili Indonesia dalam UNWTO Awards 2016

Kampung Cyber Siap Wakili Indonesia dalam UNWTO Awards 2016 Kampung Cyber Yogyakarta (Foto: Warsono/Instagram @sony14)

Dream - Setiap tahun Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memilih dan mengusulkan sederet nama lokasi wisata Indonesia ke Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) untuk dpertandingkan dalam UNWTO Awards. UNWTO Awards sendiri merupakan sebuah penghargaan wisata paling bergengsi di level dunia, yang memiliki sistem penjurian sangat ketat.

Dan untuk UNWTO Awards 2016 ini, Kemenpar pun telah menyiapkan sejumlah nama lokasi wisata yang siap diikutkan. Salah satu di antaranya adalah Kampung Cyber Yogyakarta, yang dijagokan untuk kategori Innovation in Research & Technology.

Kampung Cyber merupakan sebuah kampung padat penduduk di RT 36, Taman Sari, Yogyakarta. Dihuni 142 jiwa dari 43 Kepala Keluarga, Kampung Cyber pertama kali digagas oleh Antonius Sasongko yang akrab disapa Mas Koko.

Tujuan Koko menggagas kampung ini adalah untuk menjadikan seluruh warga di sana melek informasi. Dan rupanya program tersebut cukup berhasil.

Dampaknya, warga setempat khususnya RT 36 secara perekonomian semakin berkembang. Mereka sekarang sudah bisa memasarkan produk usahanya melalui blog, website dan media sosial.

Kampung Cyber kini menjadi tujuan wisata edukasi. Banyak turis lokal maupun mancanegara yang berkunjung untuk sekadar liburan ataupun ingin melakukan penelitian.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP