Karya Keren Dua Seniman Indonesia Mejeng di Art Basel Hong Kong

Karya seniman Indonesia punya segmen dan pasar tersendiri di kalangan pecinta seni dunia. Tak kalah dibanding seniman mancanegara.

Sandy Mahaputra
| 1 April 2019 13:27

Dream - Sejumlah seniman Indonesia ikut ambil bagian di ajang pentas seni dunia, Art Basel Hong Kong 2019. Dua nama di antaranya; Eddie Hara dan Agus Suwage. Mereka bergabung di galeri Nadi.

Untuk edisi ketujuh kali yang menghadirkan 242 galeri lebih dari 36 negara, Eddie Hara menyiapkan 15 karya yang ditampilkan di ajang ini. Salah satunya mengusung tema komik modern (pop art).

 Eddie Hara di Art Basel Hong Kong 2019

" Saya memang selalu ikut ajang. Karena sangat menarik. Sekaligus jadi ajang berkumpulnya para seniman dunia," ujar pemilik nama Haradityo Hadi di sela-sela opening Art Basel Hong Kong, Hong Kong Convention and Exhibition Centre, pekan lalu.

Eddie mengaku sudah menyiapkan karya yang ditampilkan ini sejak sejak November tahun lalu. " Inspirasi saya dari buku, komik dan grafiti anak-anak," kata seniman yang memiliki ciri khas menulis teks terbalik di lukisannya.

Karya tak kalah menarik juga disuguhkan Agus Suwage. Ia memamerkan lima karya lukisan tahun ini, rata-rata bertema binatang.

 Agus Suwage di Art Basel Hong Kong 2019

Agus mengaku mempersiapkan ajang ini sejak enam bulan lalu. " Saya selalu ikut ajang. Tidak persiapan khusus karena kita sudah terbiasa," ujar Agus pada kesempatan yang sama.

Cukup membanggakan bisa tampil di even semacam Art Basel. Ajang ini merupakan apresiasi tersendiri terhadap eksistensi sebagai seniman.

Menurut keduanya, seniman-seniman Indonesia tak kalah dibanding seniman mancanegara. Karya seniman Indonesia punya segmen dan pasar tersendiri di kalangan pecinta seni dunia. Dibuktikan dengan terjualnya sejumlah lukisan karya mereka oleh pecinta seni mancanegara.

 Eddie Hara dan Agus Suwage

" Biasanya beberapa yang kita pamerkan ini akan terjual. Pembelinya beragam, bisa dari orang Eropa atau Asia," ujar Eddie.

Kedepannya, mereka berharap akan semakin banyak seniman Indonesia yang bisa mentas di ajang seni dunia seperti Art Basel.

Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim

Jangan Lewatkan