Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kemenparekraf Optimis Kembangkan Wisata Kemanusiaan

Kemenparekraf Optimis Kembangkan Wisata Kemanusiaan Foto: Shutterstock

Dream - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berencana mengembangkan proyek destinasi wisata kemanusiaan.

Dalam sesi Live Streaming Bincang Editor Liputan6.com, Menparekraf Sandaga Salahuddin Uno mengatakan wisata kemanusiaan merupakan sebuah inovasi baru untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Wisata ini sekaligus menjadi momentum untuk saling meningkatkan kepedulian untuk saling membantu di masa pandemi. Varian wisata baru di tengah pandemi ini merupakan perluasan dari rasa kepedulian terhadap masyarakat terdampak Covid-19.

"Misalnya kita bisa membuat pkaet wisata ke Bali di mana masyarakat datang ke suatu tempat untuk berdonor darah atau menyumbangkan APD," kata Sandiaga Uno.

Oleh karena itu Sandiaga Uno berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan sejumlah agen pariwisata.

"Berdasarkan hasil diskusi dengan ketua PMI Jakarta, tempat wisata yang paling diminati saat ini Bali. Kita tentu harus bekerjasama dengan pelaku sektor biro perjalanan wisata untuk melihat mana destinasi prioritas dan kapan bisa muai menawarkan program ini," ujarnya.

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Kendati demikian, Sandiaga tak henti mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan selagi berlibur. Kemenparekraf juga berkolaborasi dengan Kemenkes untuk memastikan berjalannya protokol kesehatan.

"Pandemi merupakan suatu hal yang tidak boleh kita kasih toleransi sama sekali. Kami akan tetap lakukan protokol kesehatan dengan lingkup Kemenkes. Kita pastikan semua kegiatan tetap mementingkan kesehatan dan keselamatan," tegas Sandiaga.

Sementara itu, Wakil Menparekraf Angela Tanoesodibjo optimis bahwa wisata kemanusiaan dapat berkembang dengan baik seiring meningkatnya tren socialpreneurship di kalangan anak muda.

"Jenis wisata ini dapat terus dikembangkan ke depannya dalam masa pandemi seperti ini, di mana sisi kemanusiaan antar manusia saling dibangunkan. Banyak yang ingin berwisata sekaligus memberikan manfaat bagi sesama," tutur Angela.

Sejumlah aktivitas yang dapat dilakukan dari wisata kemanusiaan antara lain berdonor darah, menyumbangkan APD, membagikan bantuan sosial, membangun fasilitas umum serta kegiatan belajar-mengajar untuk masyarakat setempat.

Simak Videonya

      View this post on Instagram      

A post shared by Liputan6.com (@liputan6)

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP