Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kendaraan Presiden Hasil Kolaborasi Para Seniman

Kendaraan Presiden Hasil Kolaborasi Para Seniman Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan (Foto: Kementerian Pariwisata)

Dream - Tisna Sanjaya, budayawan dan pengajar di Institut Teknologi Bandung, bersama dengan budayawan lainnya, Aat Suratin, Joko Kurnain, dan beberapa budayawan lainnya mendapat tugas untuk merancang mobil yang akan menjadi tunggangan Presiden Joko Widodo pada acara karnaval, Sabtu, 26 Agustus 2017.

Tisna dan teman-temannya menggagas sebuah kendaraan yang menyimbolkan kerja keras pemimpin untuk membawa kesejahteraan rakyatnya. Menurut Tisna, konsep yang diusung adalah mobil bajasan, artinya sederhana, tetapi lahir dari kerja keras. Sebuah truk dihias dengan kepala burung Garuda yang tegak gagah berani. Lalu di bagian belakangnya disusun seeng (dandang), alat memasak tradisional Sunda, yang dipakai untuk membentuk tumpeng raksasa.

"Ada sekitar 99 seeng buatan pengrajin Tasikmalaya yang dipakai untuk membentuk tumpeng. Di dalam seeng itu akan diisi air yang diambil dari 99 mata air di Jabar. Makna angka 99 ini juga merujuk pada Asmaul Husna (nama-nama Sang Pencipta), hal ini mengingatkan kita pada Sang Pencipta," ujar Tisna, dikutip dari keterangan pers tertulis, Sabtu 26 Agustus 2017.

Menurut Tisna, makna air dalam seeng itu adalah simbol spiritualitas yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa Barat. Sebagai sumber kehidupan, air dapat kita pakai berwudhu, bersuci, minum, dan sebagainya. Untuk menggambarkan kesejahteraan, di dalam tumpeng seeng itu dimasukkan aseupan, yakni wadah untuk mengukus nasi atau makanan lain yang berbentuk kerucut dan terbuat dari bambu yang dianyam. Di dalam aseupan itu akan dimasukkan hasil bumi seperti gabah, ubi, singkong, talas, dan sebagainya. Dan, di depan kendaraan itu akan ada puisi tentang semangat dan optimisme.

"Puisinya masih proses, nanti Kang Aat dan kawan-kawan yang akan menulisnya. Pesannya adalah, dengan penuh semangat dan optimis, maka kita akan semakin beriman pada Sang Pemilik Alam," ucap Tisna.

Adapun Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi akan ditempatkan di bagian depan dari kendaraan itu. "Jika dilihat dari depan, kendaraan itu membawa hasil bumi dan Jokowi sebagai pemimpin mengantarkannya untuk rakyatnya," kata Tisna.

Menurut Tisna, mengacu pada tema karnaval yakni, "menyalakan api, kerja bersama", maka mobil hias yang ditunggangi Jokowi melambangkan semangat bekerja bersama, dan memanen hasil kerja itu secara bersama-sama pula.

"Kesuburan, kemakmuran, nilai-nilai spiritual itu terlihat melalui kendaraan yang ditumpangi Jokowi. Saya berharap karya ini menjadi instalasi yang indah dan diharapkan dibawa ke istana, lalu 'diparkir' di halaman istana untuk menjadi simbol gelaran karnaval budaya dari kota Bandung," ucap Tisna.

"Kok bisa ya seniman kerja bersama, padahal kita tahu umumnya seniman punya karakter, egonya kuat banget, tapi mereka mau kerja bersama untuk mewujudkan satu karya indah dan monumental. Ini bukan ide perseorangan, ini kolaborasi, itulah masyarakat kita, kita bisa bersatu untuk satu tujuan," kata Aat.

Pakaian daerah juga akan tercermin dari 2.500 peserta karnaval yang berasal dari 34 provinsi dan komunitas. Dari pakaian adat yang mereka kenakan akan tampak keberagaman, kaya warna, kaya motif dan kaya inspirasi. "Kita memang berasal dari berbagai macam etnis, budaya yang bisa tercermin dari pakaian. Keberagaman itulah yang dapat dipersatukan oleh Pancasila," kata Tisna.

Budayawan, seniman, dan pekerja kreatif di Bandung berharap setelah gelaran karnaval kemerdekaan ke-72 ini, Indonesia bisa terus bekerja bersama untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyatnya. "Indonesia ini negeri yang subur, kaya, dan memiliki budaya yang adiluhung, yakni gotong royong. Melalui gotong royong, pemimpin dan rakyatnya bekerja sama untuk meraih kesejateraan rakyat," ucap Aat.

(Sumber: Kementerian Pariwisata)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tanggapan Jokowi, Ma'ruf Amin hingga Kaesang soal Pose Dua Jari dari Mobil Kepresidenan RI-1

Tanggapan Jokowi, Ma'ruf Amin hingga Kaesang soal Pose Dua Jari dari Mobil Kepresidenan RI-1

Pose dua jari yang dilakukan dari dalam mobil kepresidenen membuat heboh publik

Baca Selengkapnya
IKN Bebas dari Mobil Pelat Merah PNS, Dibatasi Cuma untuk Pejabat Negara

IKN Bebas dari Mobil Pelat Merah PNS, Dibatasi Cuma untuk Pejabat Negara

Mobil Dinas di IKN hanya dibatasi untuk Presiden, Wapres dan Menteri

Baca Selengkapnya
Pembangunan Kantor Presiden di IKN Sudah 74%, Rampung Juni 2024

Pembangunan Kantor Presiden di IKN Sudah 74%, Rampung Juni 2024

Ia berharap Kantor Presiden di IKN bisa selesai dan fungsional pada Juni 2024 untuk digunakan dalam Upacara Peringatan Kemerdekaan ke-79.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Detik-Detik Ban Mobil Kepresiden Diduga Bocor, Jokowi Jalan Kaki

Detik-Detik Ban Mobil Kepresiden Diduga Bocor, Jokowi Jalan Kaki

Terlihat Jokowi sedang berjalan menyusuri jalanan.

Baca Selengkapnya
Sebut Disalahartikan, Istana Jelaskan Maksud Jokowi Soal Presiden dan Menteri Boleh Kampanye dan Memihak

Sebut Disalahartikan, Istana Jelaskan Maksud Jokowi Soal Presiden dan Menteri Boleh Kampanye dan Memihak

Penjelasan istana soal pernyataan Jokowi bahwa presiden boleh kampanye dan memihak.

Baca Selengkapnya
Jokowi: Presiden Boleh Kampanye dan Memihak

Jokowi: Presiden Boleh Kampanye dan Memihak

Jokowi sebut Presiden boleh kampanye dan memihak, begitu pun para menteri.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Inspirasi Outfit Warna  Khaki

DRESS IT! Inspirasi Outfit Warna Khaki

Sahabat Dream bisa banget nih cobain outfit warna Khaki atau coklat muda bernuansa krem dan hijau yang satu ini.

Baca Selengkapnya